3 Cara Sederhana yang Ampuh Turunkan Berat Badan, Coba Angkat Beban

Siska Permata Sari ยท Jumat, 11 Januari 2019 - 07:36 WIB
3 Cara Sederhana yang Ampuh Turunkan Berat Badan, Coba Angkat Beban

Olahraga bantu turunkan berat badan. (Foto: Healthline)

JAKARTA, iNews.id - Menurunkan berat badan menjadi resolusi 2019 bagi sebagian besar orang. Banyak cara untuk mencapai berat badan yang ideal. Salah satunya dengan diet.

Memang, banyak pola diet yang ada untuk menurunkan berat badan. Tetapi pola diet tertentu belum tentu cocok bagi semua orang.

Nah, selain menuruti pola diet yang populer seperti diet ketogenik, vegan, vegetarian hingga Mediterania, ada cara-cara sederhana menurunkan berat badan Anda. Tentunya tak hanya sederhana, tetapi juga aman. Apa saja? 

Simak informasinya seperti dirangkum iNews.id dari Healthline, Jumat (11/1/2019).

Mengurangi Asupan Gula dan Karbohidrat

Hal yang paling penting untuk menurunkan berat badan adalah berkomitmen untuk mengurangi asupan gula dan karbohidrat. Ketika Anda mengurangi asupan gula dan karbohidrat, maka tingkat lapar Anda akan berkurang. Selain itu, tubuh Anda juga akan membakar lemak untuk kebutuhan energi.

Mengurangi karbohidrat juga menurunkan kadar insulin, sehingga ginjal melepaskan kelebihan sodium dan air dari tubuh.

Makan Protein, Lemak, dan Sayuran

Setiap makanan yang Anda konsumsi, harus mencakup sumber protein, lemak, dan sayuran rendah karbohidrat. Membangun makanan Anda dengan cara ini secara otomatis akan membawa asupan karbohidrat Anda ke kisaran yang disarankan, yakni 20-50 gram per hari.

Mengikuti pola makan seperti ini juga terbukti meningkatkan metabolisme 80 hingga 100 kalori per hari. Selain itu, diet tinggi protein juga dapat mengurangi hasrat tentang makanan hingga 60 persen, mengurangi keinginan ngemil di tengah malam, dan membuat Anda kenyang sehingga secara otomatis makan 441 kalori lebih sedikit per hari.

Angkat Berat Tiga Kali Seminggu

Olahraga dan beraktivitas fisik yang rutin memang sangat disarankan untuk menjaga tubuh tetap fit. Selain itu, olahraga seperti angkat berat selama tiga kali seminggu terbukti dapat menurunkan berat badan hingga membentuk otot.

Dengan mengangkat beban, Anda akan membakar banyak kalori dan mencegah metabolisme melambat, yang merupakan efek samping dari program penurunan berat badan. Jika angkat beban bukan pilihan bagi Anda, maka lakukan beberapa latihan kardio seperti berjalan, jogging, berlari, bersepeda, atau berenang.

Selamat mencoba!


Editor : Tuty Ocktaviany