3 Minuman Ini Bisa Memperpanjang Usia, Benar atau Mitos?

Siska Permata Sari ยท Minggu, 08 Desember 2019 - 13:53 WIB
3 Minuman Ini Bisa Memperpanjang Usia, Benar atau Mitos?

Air putih tidak hanya menyehatkan badan, tetapi bisa memperpanjang usia. (Foto: Womensweekly)

JAKARTA, iNews.id - Makanan atau minuman yang sehat memiliki dampak baik bagi tubuh. Bahkan, kandungan-kandungan dalam makanan atau minuman tertentu dapat memperpanjang usia.

Ya, hal itu diungkapkan dalam buku 'The Blue Zones Kitchen' dari Den Buettner, yang merangkum rahasia panjang umur warga di kawasan Blue Zones atau Zona Biru, sebuah proyek Quest Network, Inc yang mempelajari wilayah-wilayah di dunia di mana penduduknya hidup lebih lama dan sehat.

Dalam buku itu, menyebut tiga minuman yang menjadi kunci panjang umur, selain makanan-makanan sehat seperti kacang-kacangan, minyak zaitun dan sayuran hijau. Apa saja? Simak informasinya seperti dilansir dari Insider, Minggu (8/12/2019).

1. Kopi

Minuman satu ini menjadi favorit banyak orang. Kabar baiknya, sejumlah besar penelitian mengungkap manfaat baik kopi bagi peminumnya. Tidak hanya mengurangi risiko penyakit jantung dan hati, tetapi mendukung kesehatan otak.

Namun jika Anda tidak suka minum kopi, tak perlu khawatir. Anda bisa menggantinya dengan teh hijau, ini merupakan minuman masyarakat di daerah Blue Zone seperti Okinawa Jepang. Tetapi penting yang harus diingat, apa pun pilihan Anda, cobalah tidak menggunakan banyak tambahan manis ke minuman Anda.

2. Wine

Menurut Buettner, anggur merah dapat bermanfaat bagi tubuh Anda untuk meningkatkan kemampuan menyerap antioksidan. Ini dikombinasikan dengan pola makan nabati yang sehat. Selain itu, anggur juga kaya akan polifenol, senyawa dari kulit anggur yang diketahui melindungi terhadap risiko kesehatan manusia seperti penyakit jantung.

3. Air Putih

Selain dua minuman tadi, yang paling penting dari semuanya adalah air putih. Buettner mengatakan, minuman paling penting untuk umur panjang adalah air putih. Ini adalah minuman pilihan masyarakat yang tinggal di kawasan Blue Zone. Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup, sehingga dapat mengurangi minuman-minuman tidak sehat seperti soda yang tinggi gula.


Editor : Tuty Ocktaviany