3 Sarapan Ini Bantu Turunkan Berat Badan, Mana yang Lebih Efektif?

Siska Permata Sari ยท Senin, 20 Januari 2020 - 11:15 WIB
3 Sarapan Ini Bantu Turunkan Berat Badan, Mana yang Lebih Efektif?

Sarapan pagi dapat mengurangi nafsu makan berlebih. (Foto: Freepik).

JAKARTA, iNews.id - Sarapan bisa menjadi kunci untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena sarapan di pagi hari dapat mengurangi nafsu makan berlebih sehingga mampu mendukung upaya penurunan berat badan.

Namun, perlu diperhatikan makanan-makanan seperti apa saja kah yang mampu meningkatkan rasa kenyang atau dapat membantu pembakaran lemak. Sebab, jangan sampai sarapan Anda justru membuat lapar dan kalap di siang atau sore hari.

Lalu, jenis sarapan seperti apa sih yang mampu membantu menurunkan berat badan? Mari simak informasinya seperti dirangkum dari Healthline, Senin (20/1/2020).

1. Telur

Di urutan pertama, ada telur yang dapat dimasak dengan berbagai kreasi. Selain itu, telur mengandung kaya protein, banyak vitamin dan mineral penting, seperti selenium dan riboflavin. Berkat kandungan proteinnya yang tinggi, telur dapat mengurangi nafsu makan.

Nah, cobalah mengonsumsi telur dengan direbus atau diorak-arik dan ditambah sayuran favorit Anda untuk sarapan yang bergizi.

2. Pisang

Buah-buahan yang kaya serat sangat bagus untuk menurunkan berat badan. Salah satunya adalah pisang. Sebab, buah ini mengandung tinggi serat tetapi rendah kalori. Dalam satu pisang berukuran sedang, memiliki lebih dari 100 kalori namun mengemas 3 gram serat makanan.

Nah, serat inilah membantu memperlambat pengosongan perut Anda untuk mencegah Anda makan berlebihan di siang atau sore hari.

3. Oatmeal

Oatmeal adalah pilihan sarapan yang sehat dan lezat, terutama jika Anda ingin menurunkan berat badan. Hal ini karena oat sendiri rendah kalori tetapi tinggi serat dan protein. Selain itu, gandum adalah sumber beta-glukan yang sangat baik, sejenis serat yang terbukti memengaruhi segala sesuatu mulai dari fungsi kekebalan tubuh hingga kesehatan jantung.

Agar oatmeal Anda tetap sehat, cobalah gabungkan satu cangkir (235 gram) oatmeal yang sudah dimasak dengan satu setengah cangkir (74 gram) buah beri, satu sendok makan (7 gram) biji rami giling dan beberapa almond untuk sarapan yang padat dan tinggi serat.

Editor : Adhityo Fajar