309 Orang Positif Virus Korona di Indonesia, Ini 5 Cara Tetap Sehat saat Karantina Mandiri

Siska Permata Sari ยท Jumat, 20 Maret 2020 - 07:51 WIB
309 Orang Positif Virus Korona di Indonesia, Ini 5 Cara Tetap Sehat saat Karantina Mandiri

Karantina mandiri bisa menjadi salah satu solusi di tengah wabah virus korona. (Foto: The F Thing)

JAKARTA, iNews.id - Angka kasus positif coronavirus disease (Covid-19) atau virus korona baru di Indonesia terus bertambah. Pada Kamis (19/3/2020), jumlah kasus positif virus korona telah mencapai 309 atau bertambah 82 orang dari sebelumnya 227.

Dengan meningkatnya jumlah kasus, salah satu pencegahan penyebaran virus itu dengan social distancing atau pembatasan sosial dan karantina mandiri.

Sayangnya, selama karantina mandiri, Anda menjadi mudah untuk merasa tidak berdaya dan tidak yakin terkait kondisi kesehatan Anda, ditambah kabar-kabar terkait virus korona di media. Oleh karena itu, berikut adalah lima langkah yang membuat Anda tetap sehat selama pandemi virus korona berlangsung.

Apa saja? Mari simak informasinya seperti dilansir dari Letter F The F Thing, Jumat (20/3/2020).

1. Temukan cara untuk rileks

Sebagai seseorang yang terbiasa bekerja dari pukul 09.00-17.00, tinggal di rumah dan memutuskan hubungan dengan banyak orang bisa membuat stres. Jadi penting untuk menemukan cara tetap sibuk, tetapi dengan cara yang santai. Anda bisa mulai dengan menulis jadwal kerja Anda sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan dan tetap menemukan waktu luang untuk rileks dalam sehari.

2. Terhubung dengan orang lain

Di era ini, semua orang bisa tetap terhubung, tak peduli jika terpisah jarak dan waktu. Gunakan momen ini untuk terhubung kembali dengan teman dan keluarga, Anda bisa menggunakan mode panggilan video dan nikmati bentuk interaksi bersama orang terdekat. Dengan melakukan ini, Anda juga mengaktifkan percakapan dari hati ke hati, bahkan saat melakukan social distancing.

3. Mencari informasi yang benar

Anda mungkin telah membaca beberapa artikel tentang situasi saat ini atau Anda mungkin telah mendengarkan topik tentang virus korona ini di mana-mana, tetapi tidak ada salahnya untuk benar-benar mengedukasi diri sendiri mengenai masalah apa yang terjadi saat ini. Pastikan Anda memiliki apa yang Anda butuhkan untuk merasa aman, dan nyaman dengan mencari informasi yang benar agar tidak panik berlebihan.

4. Bermain dengan hewan peliharaan

Kucing dan anjing akan menjadi teman menyenangkan di saat-saat seperti ini. Dengan banyaknya waktu luang di rumah, Anda bisa bermain dan merawatnya lebih lama, sekaligus memperhatikan kesehatan serta kebersihannya.

5. Cari kegiatan baru

Berada dalam karantina mandiri akan membuat Anda melakukan hal-hal secara rutin yang akan membuat Anda bosan. Jadi, cobalah melakukan hal-hal baru sesekali, misalnya, Anda dapat mencoba beberapa pose yoga baru di rumah, menamatkan buku, drama, film, atau mencoba sesuatu yang kreatif seperti menggambar dan  mewarnai.

Editor : Tuty Ocktaviany