4 Cara Mudah Kurangi Nyeri saat PMS, Salah Satunya dengan Olahraga

Siska Permata Sari ยท Kamis, 06 Desember 2018 - 10:26 WIB
4 Cara Mudah Kurangi Nyeri saat PMS, Salah Satunya dengan Olahraga

Olahraga bantu atasi nyeri menstruasi. (Foto: Aaptiv)

JAKARTA, iNews.id - Menstruasi merupakan hal alami yang terjadi pada perempuan. Sayangnya, sebagian perempuan tidak tahan dengan rasa sakit yang dialami di masa-masa sebelum menstruasi.

Disebut sebagai sindrom pramenstruasi (PMS), ini kadangkala menyebabkan pegal-pegal, kram perut, nyeri perut, dan nyeri di bagian payudara. Walaupun tidak semua perempuan mengalami rasa sakit ini, setidaknya 85 persen perempuan mengalami salah satu gejala dari PMS tersebut. Sayangnya lagi, tidak ada penyembuhan yang nyata untuk PMS ini.
 
Namun tak perlu khawatir, rasa nyeri dan gejala-gejala PMS lainnya bisa dikurangi dengan gaya hidup, serta mengonsumsi vitamin-vitamin tertentu. Apa saja? Yuk, simak caranya seperti dirangkum iNews.id dari situs Health, Kamis (6/12/2018).
 
Perhatikan Pola Makan
 
Selama PMS, ada makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari karena dapat memperburuk gejala serta rasa nyerinya. Di antaranya garam yang bisa menyebabkan kembung, kemudian kafein yang memperparah kecemasan, alkohol dan tingka depresi yang meningkat, dan terlalu banyak gula dapat mengacaukan kadar gula darah dan suasana hati Anda.
 
Sebaiknya, konsumsilah banyak buah, sayuran dan gandum utuh selama seminggu sebelum menstruasi. Pakar juga menyarankan untuk makan tepat waktu di masa-masa ini demi mengurangi rasa nyeri saat PMS.
 
Olahraga
 
Ketika PMS, tubuh rasanya cenderung kurang berenergi untuk berolahraga. Namun, ternyata olahraga sebenarnya bisa memperbaiki semuanya. Bahkan, The National Women’s Health Information Center menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik yang cukup intens selama dua setengah jam, kemudian satu jam dan 15 menit aktivitas aerobik, atau kombinasi dari keduanya setiap minggu. Sebab, olahraga sendiri membantu melawan gejala PMS di segi fisik dan emosi.
 
Konsumsi Vitamin atau Obat Herbal
 
Ternyata sejumlah vitamin berguna bagi PMS. Di antaranya vitamin-vitamin seperti B6 dan E. Anda juga bisa mengonsumsi obat-obatan herbal alami seperti jahe yang dapat meredakan gejala PMS seperti kram dan perubahan suasana hati.
 
Ambil Pain Killer
 
Bagi perempuan yang mengalami gejala PMS seperti kram, nyeri payudara, sakit punggung, atau sakit kepala, mengonsumsi pain killer seperti nonsteroidal anti-inflammatory pain relievers (NSAIDs) termasuk ibuprofen mungkin bisa membantu.

Editor : Tuty Ocktaviany