4 Keuntungan Minum Kopi bagi Kesehatan, Bisa Turunkan Risiko Kanker

Siska Permata Sari ยท Senin, 11 Maret 2019 - 23:16 WIB
4 Keuntungan Minum Kopi bagi Kesehatan, Bisa Turunkan Risiko Kanker

Kopi baik untuk kesehatan. (Foto: Independent)

JAKARTA, iNews.id – Setiap 11 Maret merupakan Hari Kopi Nasional. Di era ini, minum kopi telah menjadi suatu gaya hidup yang banyak diterapkan di masyarakat, termasuk kaum milenial. Bahkan, kopi pun memiliki trennya tersendiri.

Tak sekadar gaya hidup, kopi sendiri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Menurut studi, peminum kopi memiliki risiko lebih rendah untuk terkena penyakit serius daripada mereka yang tidak minum kopi.

Yuk, ketahui manfaat minum kopi di Hari Kopi Nasional, seperti dilansir dari Healthline, Senin (11/3/2019).

1. Bikin Lebih Cerdas

Minum kopi tak hanya dapat mengurangi dan menghilangkan kantuk karena kafeinnya. Ternyata, kafein yang diserap dalam aliran darah dapat bergerak menuju otak Anda.

Menurut penelitian, kandungan tersebut menghambat neurotransmitter atau penghambat di otak Anda, yang menyebabkan efek stimulan. Ini juga dapat meningkatkan tingkat energi, suasana hati, dan berbagai aspek fungsi otak.

2. Tingkatkan Kinerja Fisik

Lagi-lagi kafein dapat memberikan manfaat bagi produktivitas Anda. Kandungan kafein ini, merangsang sistem saraf Anda, memberi sinyal pada sel-sel lemak untuk memecah lemak tubuh, serta meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah Anda. Tidak heran apabila efek-efek tersebut dapat meningkatkan kinerja fisik rata-rata 11-12 persen.

3. Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Telah dikatakan sebelumnya bahwa minum kopi dapat menurunkan risiko penyakit serius. Salah satunya adalah diabetes tipe dua. Hal ini berdasarkan studi yang mengamati bahwa peminum kopi paling banyak memiliki risiko 23-50 persen lebih rendah terkena penyakit ini.

Menurut studi-studi besar dari 18 studi, dalam total 457.922 orang, setiap cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan penurunan tujuh persen risiko diabetes tipe dua.

4. Turunkan Risiko Kanker

Selain penyakit diabetes tipe dua, penyakit tak menular yang dapat diturunkan risikonya akibat minum kopi adalah kanker. Kopi disebutkan dalam studi dapat melindungi terhadap dua jenis kanker, yaitu kanker hati dan kanker kolorektal.

Kanker hati adalah penyebab kematian ketiga akibat kanker di dunia, sementara itu kanker kolorektal menempati urutan keempat. Studi menunjukkan, peminum kopi memiliki risiko kena kanker hati hingga 40 persen lebih rendah. Kemudian minum empat hingga lima cangkir kopi per hari, memiliki risiko 15 persen lebih rendah terkena kanker kolorektal.


Editor : Tuty Ocktaviany