5 Hal Ini Bisa Cegah Covid-19, Salah Satunya Physical Distancing

Siska Permata Sari ยท Senin, 30 Maret 2020 - 20:51 WIB
5 Hal Ini Bisa Cegah Covid-19, Salah Satunya Physical Distancing

Kerja di rumah jadi salah satu solusi mengurangi penyebaran virus corona. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Angka kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia terus bertambah. Data per Senin (30/3/2020), menyebutkan pasien positif virus corona total menjadi 1.414 orang, dengan 129 kasus baru.

Tak hanya angka kasus positif, pasien yang meninggal dunia juga naik menjadi 122 orang dan 75 pasien sembuh. Mengatasi penyebaran virus corona, Presiden Joko Widodo (Jokowi)  menetapkan pembatasan sosial berskala besar.

“Saya minta kebijakan pembatasan sosial berskala besar, physical distancing dilakukan lebih tegas, disiplin, dan lebih efektif lagi,” katanya dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (30/3/2020).

Istilah physical distancing atau menjaga jarak terutama membatasi  kontak fisik, merupakan cara yang digaung-gaungkan dapat mencegah penyebaran virus korona. Hal tersebut juga diungkapkan ahli gizi sekaligus pakar nutrisi Indonesia dr Tan Shot Yen dalam talkshow ‘Pola Hidup dan Gizi di Masa Corona’ Kios Ojo Keos di Instagram Live.

Dia membagikan lima cara menangkal penyebaran virus corona. Salah satunya adalah menjaga jarak atau physical distancing dan tetap tinggal di rumah. Dia juga membagikan empat cara lainnya.

“Pertama, kebiasaan sehat dan bersih, cuci tangan pakai air mengalir dan sabun, bukan pakai antiseptik atau disinfektan,” kata dr Tan dalam Instagram Live tersebut.

“Kemudian pola makan yang sehat dan seimbang, rajin kena matahari agar mendapatkan vitamin D, dan tidur atau istirahat cukup,” katanya.

Di kesempatan yang berbeda, Spesialis Paru Rumah Sakit Persahabatan dr Erlina Burhan mengatakan, mencuci tangan secara bersih dan benar selama 20 detik adalah cara ampuh yang dapat membunuh seluruh mikroorganisme yang menempel, termasuk kemungkinan kontaminasi virus corona.

“Kapan sebaiknya kita mencuci tangan? Pertama, saat kita membuang ingus, batuk atau pilek," katanya.

Berikutnya adalah sebelum dan sesudah menjaga orang yang sakit, sebelum dan sesudah merawat luka. Kemudian sebelum, selama dan setelah mengolah makanan.

Demikian juga sebelum makan, setelah menyentuh sampah, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh binatang dan setelah mengganti popok. “Dan saya tekankan sekali lagi, jangan menyentuh wajah,” katanya.

Editor : Tuty Ocktaviany