893 Orang Positif Covid-19 di Indonesia, 4 Cara Sehat Ini Bisa Kuatkan Imunitas Tubuh

Siska Permata Sari ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 16:36 WIB
893 Orang Positif Covid-19 di Indonesia, 4 Cara Sehat Ini Bisa Kuatkan Imunitas Tubuh

Konsumsi sayuran dan buah bisa meningkatkan imunitas tubuh. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Angka kasus positif virus corona baru (Covid-19) di Indonesia semakin meningkat seiring waktu. Data per Kamis (26/3/2020), jumlah pasien positif mencapai 893 orang atau bertambah 103 kasus dari sebelumnya.

Menurut juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto, penambahan pasien positif yang meninggal dunia sebanyak 20 orang. Jumlah total pasien positif yang meninggal dunia secara nasional menjadi 78.

"Ada penambahan kasus dari hari Rabu (25/3/2020), pukul 12.00 WIB sampai hari ini Kamis (26/3/2020) pukul 12.00 WIB sebanyak 103 sehingga total menjadi 893," katanya dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta.

Yuri juga menyampaikan ada penambahan pasien sembuh sebanyak empat orang. Jumlah total pasien yang sembuh secara nasional menjadi 35.

Dengan bertambahnya jumlah pasien positif di Indonesia, ini mengingatkan betapa pentingnya melakukan upaya pencegahan karena sampai saat ini belum ada vaksin maupun obat resmi mengobati pasien positif virus korona. Salah satunya adalah meningkatkan daya tahan tubuh.

Berikut cara meningkatkan daya tahan tubuh seperti dirangkum iNews.id dari Insider, Kamis (26/3/2020).

1. Makan bergizi seimbang

Kekurangan gizi dapat merusak kemampuan Anda untuk melawan penyakit dan infeksi, sehingga penting untuk mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh Anda. Jika Anda tidak terbiasa makan beragam buah, sayuran, dan sumber protein tanpa lemak, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulainya. Sebab, tidak ada satu jenis makanan ‘super’ yang membantu sistem kekebalan tanpa konsumsi makanan yang seimbang.

2. Mendapat cukup vitamin D

Suplemen memang tidak akan benar-benar membantu mencegah penyakit, kecuali vitamin D. Penelitian telah menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh membutuhkan vitamin D untuk melawan virus. Anda bisa mendapatkan vitamin D secara alami melalui sinar matahari. Selain itu, vitamin D juga ditemukan di beberapa makanan, termasuk ikan berlemak seperti salmon, tuna dan mackerel, serta dalam jumlah kecil di hati sapi, telur, keju, dan jamur.

3. Tidur

Salah satu cara yang paling didukung bukti untuk tetap sehat adalah cukup tidur. Artinya, Anda tidur 7-9 jam setiap malam bagi kebanyakan orang. Saat tidur, tubuh Anda menggunakan waktu itu untuk melakukan pemulihan kritis dan perbaikan fungsi-fungsi penting, termasuk sistem kekebalan tubuh Anda. Namun, satu malam tidur yang buruk dapat mengurangi sel kekebalan sebanyak 70 persen.

4. Olahraga dan memanajemen stres

Olahraga juga dapat menjaga tubuh Anda berfungsi dengan baik, karena penelitian menunjukkan bahwa olahraga rutin dapat mengurangi peradangan dan mendukung sel-sel yang melawan infeksi. Plus, olahraga juga salah satu cara memanajemen stres di tengah kabar penyebaran pandemi tersebut.

Artinya, mengelola stres tentang coronavirus itu sendiri adalah strategi yang baik, termasuk mengambil istirahat dari media sosial dan mengandalkan sumber media kepercayaan untuk informasi.

Anda juga bisa memilih kegiatan lain untuk bersantai seperti berjalan-jalan di luar, meringkuk dengan buku favorit, atau meluangkan waktu untuk bermeditasi dan berlatih yoga.


Editor : Tuty Ocktaviany