Aktivitas di Rumah, Konsumsi Air Minum selama Covid-19 Meningkat

Dani M Dahwilani ยท Senin, 08 Juni 2020 - 17:13 WIB
Aktivitas di Rumah, Konsumsi Air Minum selama Covid-19 Meningkat

Porsi minum di rumah naik seiring kebutuhan hidrasi yang sehat selama masa pandemi Covid-19. (Foto: VegKitchen)

JAKARTA, iNews.id - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai wilayah Indonesia menjadikan keluarga banyak beraktivitas di rumah termasuk bekerja dan belajar. Situasi ini menjadikan kebutuhan makan dan minum meningkat.

Porsi minum di rumah naik seiring kebutuhan hidrasi yang sehat selama masa pandemi Covid-19. Ini terlihat dari meningkatnya penjualan air minum dalam kemasan (AMDK).

Air minum berkualitas yang dikemas dalam kemasan galon guna ulang telah melalui proses pengolahan dengan memenuhi syarat mikrobiologi, klinis, dan syarat fisik di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

BPOM memberikan Nomor Izin Edar (NIE) pada label kemasan pangan baik untuk sekali pakai maupun guna ulang seperti air minum kemasan galon. Ini menandakan produk telah memenuhi persyaratan pangan terhadap keamanan, mutu, dan gizi serta harus sudah memenuhi semua syarat dalam regulasi terkait untuk memastikan keamanannya.

“Jika sudah mendapatkan izin edar artinya produk tersebut sudah sesuai dengan standar keamanan pangan yang ditetapkan pemerintah baik dari segi kualitas produk dan proses produksinya,” ujar Direktur Standardisasi Pangan Olahan BPOM Dra Sutanti Siti Namtini PhD, dalam webinar mengenai keamanan pangan kemasan dilansir Senin (8/6/2020).

Penegasan BPOM sebagai lembaga resmi pemerintah untuk kesehatan pangan masyarakat membuat konsumen maupun pedagang air minum kemasan galon ulang yang selama ini mengkonsumsi dan melayani pelanggan menjadi lebih tenang.

Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Ir Ahmad Sulaeman PhD memastikan Air kemasan galon guna ulang sudah terbukti aman di konsumsi karena sudah ada dan dikenal masyarakat selama puluhan tahun. Ini terbukti dari kualitasnya dalam melindungi produk air minum kemasan.

"Setiap produk yang sudah dikemas dan disegel sesuai standar yang telah ditetapkan berdasarkan regulasi pemerintah, sudah pasti higienis dan aman dikonsumsi," ujar Ahmad Sulaeman, yang juga merupakan Pakar Keamanan Pangan.

Corporate Communications Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin mengatakan, selama ini Danone di Indonesia berusaha untuk tetap memenuhi kebutuhan minuman keluarga Indonesia termasuk kebutuhan akan minuman sehat dan berkualitas di rumah. “Kami mengikuti aturan pemerintah dan menerapkan protokol keamanan dan kualitas yang ketat mulai dari proses produksi hingga produk siap di konsumsi,” jelas Arif di Jakarta, Senin (8/6/2020).

Arif menambahkan, selama puluhan tahun kemasan galon guna ulang Aqua telah dikenal dan digunakan masyarakat Indonesia dan menjadi pilihan yang lebih ramah lingkungan karena dapat digunakan dan diisi ulang kembali di pabrik kami.

"Saat ini, sebagian besar masyarakat menggunakan air minum kemasan galon guna ulang di rumah, sekolah dan tempat kerja, karena produk ini sudah dikenal dan beredar di pasar selama puluhan tahun," ujarnya.

Editor : Dani Dahwilani