Anak Sulit Konsentrasi dan Mudah Lupa, Benarkah Kurang Zat Besi?

Siska Permata Sari ยท Kamis, 18 Februari 2021 - 19:44:00 WIB
Anak Sulit Konsentrasi dan Mudah Lupa, Benarkah Kurang Zat Besi?
Saat anak sulit konsentrasi dan mudah lupa. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Zat besi merupakan nutrisi penting dalam mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan otak buah hati. Zat besi berperan penting dalam pembentukan hemoglobin, yaitu komponen sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Kekurangan zat besi pada bayi dan anak-anak dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan seperti defisiensi zat besi atau anemia. Dampaknya pun tidak hanya terlihat pada kesehatan fisiknya, tetapi juga kesehatan mental.

Psikolog anak dan keluarga dari Klinik Terpadu Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Anna Surti Ariani memaparkan dampak kekurangan zat besi pada perkembangan psikologis anak.

“Anak yang kekurangan zat besi tidak hanya mudah lelah, lemas, dan tidak seaktif teman-temannya yang lain. Ketika anak kekurangan zat besi, anak akan sulit konsentrasi, jadi dia akan mudah terdistraksi, gampang teralihkan pikirannya,” ucap perempuan yang akrab disapa Nina, dalam acara konferensi pers virtual, Kamis (18/2/2021).

Selain kesulitan konsentrasi, anak-anak yang kekurangan zat besi juga cenderung memiliki daya tangkap rendah. “Kalau daya tangkapnya rendah, maka anak akan jadi mudah lupa. Inilah yang kemudian membawa dampak jangka panjangnya, yakni prestasinya rendah,” ujarnya.

Editor : Tuty Ocktaviany

Halaman : 1 2