Anemia Gizi Besi pada Anak Bisa Ganggu Kemampuan Belajar si Kecil, Ini Alasannya

Siska Permata Sari ยท Senin, 25 Januari 2021 - 17:14:00 WIB
Anemia Gizi Besi pada Anak Bisa Ganggu Kemampuan Belajar si Kecil, Ini Alasannya
Anemia gizi besi pada anak bisa ganggu kemampuan belajar si kecil. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Anemia menjadi salah satu masalah gizi yang banyak diderita anak-anak Indonesia. Ahli Gizi dan Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Prof Dr drg Sandra Fikawati, MPH mengatakan, angka balita yang mengalami anemia semakin meningkat setiap tahun.

Hal tersebut diketahui dari data riset kesehatan dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan RI yang menunjukkan, adanya peningkatan angka balita yang mengalami anemia. Data tersebut menjelaskan, prevalensi balita yang mengalami anemia mengalami peningkatan dari 28,1 persen pada 2013 menjadi 38,5 persen, berdasarkan Riskesdas tahun 2018. Dari data itu, sekitar 50-60 persen disebabkan karena kekurangan zat besi. 

“Anemia defisiensi zat besi memang lebih rentan dialami oleh anak, terutama pada akhir masa bayi dan awal masa anak-anak. Kondisi ini, bisa disebabkan kurangnya asupan zat besi dari makanan yang dikonsumsi ibu pada saat hamil,” katanya dalam diskusi virtual, Senin (25/1/2021).

Selain itu, anemia karena kekurangan zat besi juga dapat terjadi ketika anak tidak cukup mengonsumsi makanan-makanan sumber zat besi. Padahal, kekurangan zat besi dapat mengganggu performa kognitif pada anak.

Editor : Tuty Ocktaviany

Halaman : 1 2