Angka Kasus Virus Korona di Indonesia Bertambah, Ini 4 Cara Tingkatkan Imunitas Tubuh

Siska Permata Sari ยท Sabtu, 21 Maret 2020 - 07:20 WIB
Angka Kasus Virus Korona di Indonesia Bertambah, Ini 4 Cara Tingkatkan Imunitas Tubuh

Konsumsi sayuran dan buah bisa meningkatkan imunitas tubuh. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Angka kasus positif virus korona baru (Covid-19) di Indonesia semakin meningkat seiring waktu. Data per Jumat (20/3/2020), jumlah pasien positif mencapai 369 orang atau bertambah 60 kasus dari sebelumnya.

Total sampai hari ini, ada 32 orang yang meninggal dunia atau bertambah 7 kasus kematian.

“Ini perkembangan data terhitung dari pukul 12.00  WIB pada 19 Maret hingga 12.00 WIB 20 Maret 2020,” ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto di Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Hal ini mengingatkan betapa pentingnya menjaga melakukan upaya pencegahan, karena sampai saat ini belum ada vaksin maupun obat resmi mengobati pasien positif virus korona. Salah satunya adalah meningkatkan daya tahan tubuh.

Berikut cara meningkatkan daya tahan tubuh seperti dirangkum iNews.id dari Insider, Sabtu (21/3/2020).

1. Makan bergizi seimbang

Kekurangan gizi dapat merusak kemampuan Anda untuk melawan penyakit dan infeksi, sehingga penting untuk mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh Anda. Jika Anda tidak terbiasa makan beragam buah, sayuran, dan sumber protein tanpa lemak, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulainya. Sebab, tidak ada satu jenis makanan ‘super’ yang membantu sistem kekebalan tanpa konsumsi makanan yang seimbang.

2. Mendapat cukup vitamin D

Suplemen memang tidak akan benar-benar membantu mencegah penyakit, kecuali vitamin D. Penelitian telah menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh membutuhkan vitamin D untuk melawan virus. Anda bisa mendapatkan vitamin D secara alami melalui sinar matahari. Selain itu, vitamin D juga ditemukan di beberapa makanan, termasuk ikan berlemak seperti salmon, tuna dan mackerel, serta dalam jumlah kecil di hati sapi, telur, keju, dan jamur.

3. Tidur

Salah satu cara yang paling didukung bukti untuk tetap sehat adalah cukup tidur. Artinya, Anda tidur 7-9 jam setiap malam bagi kebanyakan orang. Saat tidur, tubuh Anda menggunakan waktu itu untuk melakukan pemulihan kritis dan perbaikan fungsi-fungsi penting, termasuk sistem kekebalan tubuh Anda. Namun, satu malam tidur yang buruk dapat mengurangi sel kekebalan sebanyak 70 persen.

4. Olahraga dan memanajemen stres

Olahraga juga dapat menjaga tubuh Anda berfungsi dengan baik, karena penelitian menunjukkan bahwa olahraga rutin dapat mengurangi peradangan dan mendukung sel-sel yang melawan infeksi. Plus, olahraga juga salah satu cara memanajemen stres di tengah kabar penyebaran pandemi tersebut.

Artinya, mengelola stres tentang coronavirus itu sendiri adalah strategi yang baik, termasuk mengambil istirahat dari media sosial dan mengandalkan sumber media kepercayaan untuk informasi.

Anda juga bisa memilih kegiatan lain untuk bersantai seperti berjalan-jalan di luar, meringkuk dengan buku favorit, atau meluangkan waktu untuk bermeditasi dan berlatih yoga.

Editor : Tuty Ocktaviany