Angka Positif Terinfeksi di Indonesia Terus Meningkat, Waspadai 4 Gejala Awal Virus Corona

Siska Permata Sari ยท Selasa, 07 April 2020 - 20:54 WIB
Angka Positif Terinfeksi di Indonesia Terus Meningkat, Waspadai 4 Gejala Awal Virus Corona

Istirahat setelah alami kelelahan di tengah pandemi corona. (Foto: Ilustrasi AFP)

JAKARTA, iNews.id - Dunia saat ini tengah menghadapi pandemi virus corona (Covid-19) yang menginfeksi jutaan orang di ratusan negara. Indonesia termasuk salah satu negara yang terdampak dengan angka positif virus corona mencapai 2.738 orang.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan, ada penambahan sebanyak 247 dibandingkan data sebelumnya yang mencapai 2.491 orang.

“Masih ada penambahan kasus baru terkonfirmasi positif corona, karena itu patuhi betul untuk menjaga jarak dan tetap berada di rumah," ujar Yuri dalam konferensi pers di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Seperti kita ketahui, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut, gejala khas dari virus corona di antaranya batuk kering, demam, dan sesak napas. Namun dalam beberapa kasus, para pasien dengan virus korona juga mengalami gejala lain, bahkan tanpa gejala.

Tanda-tanda lain yang merupakan sebagai gejala ringan, perlu diwaspadai sehingga Anda dapat mengambil tindakan berikutnya seperti isolasi mandiri.

Berikut empat gejala yang juga dirasakan oleh sebagian pasien positif virus corona, seperti dilansir dari Esquire, Selasa (7/4/2020).

1. Kehilangan indra penciuman dan perasa

Hilangnya indra perasa dan penciuman, secara medis dikenal sebagai ageusia dan anosmia. Jika Anda mengalami hal tersebut, bisa jadi itu adalah tanda awal dari terinfeksi virus corona. Jika merasakan hal tersebut, sebaiknya Anda melakukan upaya-upaya penularan lainnya seperi menggunakan masker, sering cuci tangan, isolasi mandiri, dan physical distancing.

2. Kelelahan dan pegal-pegal

Kelelahan merupakan bahasa bahwa tubuh Anda sedang tidak baik-baik saja. Mulai dari karena stres, butuh waktu istirahat, bahkan terinfeksi virus. Jika Anda tiba-tiba merasa lelah dan sulit melakukan tugas setiap hari, Anda harus mengisolasi diri karena itu kemungkinan salah satu gejala terinfeksi. Terutama jika Anda sebelumnya ke luar rumah atau kontak dengan ODP dan PDP.

3. Iritasi pada mata

Iritasi pada mata karena lelah, berbeda dengan karena bakteri dan virus. Mata terasa gatal, memerah, dan hidung berair seperti pilek, bisa jadi Anda mengalami gejala ringan virus corona.

4. Masalah pada sistem pencernaan

Perut yang bermasalah bisa menjadi tanda umum masalah kesehatan termasuk keracunan makanan, sindrom iritasi usus atau intoleransi makanan. Tapi itu juga merupakan gejala yang kurang diketahui dari Covid-19. Dalam beberapa kasus, pasien positif mengalami masalah pencernaan seperti diare dan mual.

Editor : Tuty Ocktaviany