Hari Ginjal Sedunia

Bebas dari Penyakit Ginjal, Biasakan Minum Jus Apel dan Kranberi

Siska Permata Sari ยท Kamis, 14 Maret 2019 - 18:04 WIB
Bebas dari Penyakit Ginjal, Biasakan Minum Jus Apel dan Kranberi

Jus apel bisa mencegah penyakit ginjal. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Hari Ginjal Sedunia jatuh hari ini. Hari Ginjal Sedunia atau World Kidney Day (WKD) merupakan kampanye kesadaran kesehatan global yang berfokus pada ginjal dan mengurangi frekuensi dan dampak penyakit tersebut di seluruh dunia.

Ginjal merupakan salah satu organ paling penting dalam tubuh yang kesehatannya sangat dipengaruhi dengan pola hidup Anda. Menjaga pola hidup tetap sehat adalah cara merawat ginjal agar terhindar dari penyakit ginjal, seperti gagal ginjal, batu ginjal, dan sebagainya.

Kita semua tahu bahwa minuman beralkohol yang sering dikonsumsi dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal. Sebaliknya, ada minuman yang dapat membuat ginjal Anda tetap sehat, bahkan memperbaiki kondisi ginjal Anda. Penasaran? Simak informasinya seperti dirangkum iNews.id dari Life Line Screening, Kamis (14/3/2019).

1. Air Mineral

Air putih atau air mineral adalah minuman terbaik untuk menyeimbangkan keseimbangan air dalam tubuh Anda. Tak perlu berlebihan, cukup dengan enam hingga delapan gelas air per hari, tergantung pada berat badan Anda. Hal ini karena air membantu mengeluarkan racun yang dapat menyebabkan infeksi bakteri atau batu ginjal, bersama dengan partikel berbahaya dalam darah.

2. Jus Kranberi

Buah kranberi ternyata dapat melindungi ginjal Anda dengan baik. Jika ingin mengonsumsi jus kranberi, pastikan Anda mengonsumsi jus yang kandungan buahnya 100 persen, sehingga proses pembersihan ginjal Anda lebih optimal.

3. Jus Apel

Buah apel benar-benar memberikan banyak manfaat bagi diri Anda, salah satunya adalah kesehatan ginjal. Sebab, apel mengandung serat dan anti-inflamasi yang tinggi, sehingga apel membantu mengurangi kolesterol, mencegah sembelit, melindungi dari penyakit jantung, serta mengurangi risiko kanker. Anda bisa menjadikannya jus apel atau mengonsumsi buahnya langsung.

4. Jus Kale

Kale atau kubis adalah sumber vitamin A dan C yang baik untuk mencegah peradangan dan melindungi sistem kekebalan tubuh. Ini juga lebih rendah potasium daripada sayuran lain dan mengandung banyak zat besi yang sehat bagi ginjal Anda.


Editor : Tuty Ocktaviany