Bisa Dicoba, 5 Tips Mudah Tanpa Diet untuk Menurunkan Berat Badan

Siska Permata Sari ยท Selasa, 15 Januari 2019 - 19:27 WIB
Bisa Dicoba, 5 Tips Mudah Tanpa Diet untuk Menurunkan Berat Badan

Konsumsi makanan sehat. (Foto: Gymaholic)

JAKARTA, iNews.id - Menurunkan berat badan identik dengan beragam jenis diet yang kadang tidak cocok bagi tubuh Anda. Misalnya jenis diet yang populer pada 2018, yakni Obsessive Corbuzier's Diet (OCD), diet vegan, diet keto, diet karbo, hingga diet bebas gluten.

Namun bagi yang tidak cocok dengan beragam jenis diet tersebut dan masih mencari cara menurunkan berat badan tanpa melakukan diet, mungkin Anda bisa melakukan cara aman menurunkan berat badan dengan sejumlah cara di bawah ini. Apa saja? 

Mari simak informasinya, seperti dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Selasa (15/1/2019).

Makan Teratur

Melansir dari situs layanan kesehatan Inggris, National Health Service (NHS), makan teratur merupakan kunci menurunkan berat badan. Misalnya, tidak melewatkan sarapan dan makan teratur di jam makan siang. Cara ini dapat mengurangi godaan untuk ngemil makanan yang tinggi lemak dan gula.

Makan Buah dan Sayuran

Anda bisa mencoba sarapan dan makan teratur dengan makanan-makanan yang sehat seperti buah dan sayuran. Meskipun demikian, jangan lupakan karbohidrat sebagai sumber energi, tentunya dengan porsi yang lebih sedikit dari biasanya. Mengapa harus buah dan sayuran? Sebab, keduanya memiliki kandungan serat yang tinggi dan itu penting untuk penurunan berat badan.

Aktif Bergerak

Menurunkan berat badan tanpa olahraga, itu mungkin saja, tetapi apakah itu menyehatkan? Lagi pula aktif bergerak atau melakukan aktivitas fisik secara rutin dan teratur adalah kunci menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan ideal. Sebab, olahraga dapat membantu membakar kelebihan kalori yang tak dapat dihilangkan dengan diet saja.

Gunakan Piring yang Lebih Kecil dan Makanannya

Tahukah Anda jika kunci menurunkan berat badan juga ada pada alat makan Anda. Ya, Anda bisa menggunakan piring yang lebih kecil untuk mengatur porsi Anda. Selain itu, perhatikan pula makanan yang Anda konsumsi. Misalnya, pilih makanan yang kaya serat seperti buah, sayuran, gandum, roti gandum, beras merah, pasta, dan kacang-kacangan seperti kacang polong serta lentil.

Tak hanya itu, hindari atau kurangi makanan-makanan junk food, serta makanan kaya gula seperti makanan cepat saji, cokelat, biskuit, keripik, alcohol, dan minuman bersoda. Sebagai gantinya, minum air putih dan mengambil buah untuk mengemil.

Perhatikan Label Makanan

Kadang ada kalanya kita perlu membeli makanan di minimarket atau kedai makanan tertentu. Itu mengapa perlunya memerhatikan label makanan. Gunakan informasi kalori untuk mencari tahu bagaimana makanan tertentu sesuai dengan cadangan kalori harian Anda. Selain membaca label makanan, bisa juga mengontrol asupan kalori dengan aplikasi di ponsel pintar Anda.


Editor : Tuty Ocktaviany