Bulan Ramadan, Ini Daftar Makanan Kaya Serat yang Bagus Dikonsumsi

Siska Permata Sari ยท Kamis, 16 Mei 2019 - 22:13 WIB
Bulan Ramadan, Ini Daftar Makanan Kaya Serat yang Bagus Dikonsumsi

Makanan dan buah-buahan kaya serat sangat baik untuk dikonsumsi di bulan Ramadan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Makanan dan buah-buahan kaya serat sangat baik untuk dikonsumsi di bulan Ramadan. Ketika berpuasa selama 13-14 jam, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman apa pun. Itulah sebabnya Anda memerlukan asupan makanan yang bergizi, serta dapat menahan rasa lapar.

Beberapa makanan dan buah-buahan kaya serat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka maupun sahur agar rasa kenyang berlangsung lebih lama. Selain itu, serat juga membantu memperlancar sistem pencernaan dan bagus untuk menurunkan berat badan.

Apa saja makanan dan buah-buahan kaya serat yang bisa masuk ke menu berbuka dan sahur Anda selama Ramadan? Simak informasinya seperti dirangkum iNews.id, Kamis (16/5/2019).

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah kaya serat terbaik. Satu buah pisang memiliki kurang lebih tiga gram serat. Selain itu pisang juga mengandung jumlah kalium yang tinggi, dan nutrisi penting yang membantu mengatur tekanan darah. Biasanya, buah ini dijadikan kolak untuk menu berbuka puasa.

Alpukat

Selain lezat, alpukat merupakan buah dengan sumber serat yang baik. Rata-rata satu alpukat berukuran sedang mengandung sekitar 10-13 gram serat. Apalagi buah ini sangat enak apabila diolah menjadi jus, smoothies, dicampur dengan sereal, dan masih banyak resep seru yang bisa dicoba di bulan Ramadan.

Ubi Jalar

Tak hanya buah, ubi jalar yang bisa diolah sebagai masakan untuk santap sahur ini juga mengandung serat yang melimpah. Satu ubi jalar saja biasanya mengandung serat enam gram. Anda bisa mencobanya sebagai pengganti nasi atau menjadikannya lauk.

Kentang

Siapa yang tidak suka kentang? Makanan satu ini sering dijumpai di berbagai masakan. Mulai dari sup hingga junk food. Tentunya agar manfaat kentang dan empat gram serat di dalamnya berfungsi dengan baik, cobalah memasaknya dengan cara direbus atau dipanggang.

Selamat mencoba!


Editor : Ranto Rajagukguk