Cegah Sakit, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Deretan Makanan Ini

Siska Permata Sari ยท Senin, 10 Februari 2020 - 04:21 WIB
Cegah Sakit, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Deretan Makanan Ini

Salmon baik dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Daya tahan tubuh sangat penting untuk melindungi tubuh Anda dari serangan bakteri dan virus penyebab sakit. Apalagi saat ini tengah ramai kasus penyebaran novel coronavirus (2019-nCoV) yang masif terjadi di daratan China, serta menyebar ke puluhan negara lainnya.

Menjaga imunitas atau sistem kekebalan tubuh sangat perlu. Itu bisa dilakukan dengan gaya hidup sehat dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Selain itu, ada juga makanan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, lho! Mau tahu apa saja? Simak informasinya seperti dirangkum dari situs SCMP, Senin (10/2/2020).

Makanan laut

Makanan-makanan laut seperti tiram, udang, kepiting membantu melindungi sistem kekebalan tubuh Anda dan mencegah kerusakan sel. Hal ini karena kandungan selenium yang baik, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Tak hanya makanan laut, kandungan selenium yang baik juga dapat ditemukan di daging sapi, salmon, sarden, mackerel, tuna, biji chia, dan biji bunga matahari.

Ayam

Tidak suka makanan laut atau alergi? Jangan khawatir, karena Anda juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengonsumsi ayam. Ya, karena ayam adalah sumber protein, zat besi, zinc, dan vitamin B yang sangat baik. Zinc sangat penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan virus.

Buah-buahan kaya vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi penting lainnya untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Buah-buahan bisa memenuhi itu, asalkan sesuai dengan persyaratan takaran. Misalnya, pria dewasa membutuhkan 90 mg vitamin C per hari dan wanita membutuhkan 75 mg.

Jahe

Bukan rahasia umum jika jahe sangat bermanfaat bagi kesehatan. Jahe juga menjadi ramuan yang bekerja pada sistem paru-paru, memperkuat energi, meningkatkan vitalitas, dan meningkatkan nafsu makan.

Selamat mencoba!


Editor : Tuty Ocktaviany