Deretan Camilan Sehat yang Bisa Dikonsumsi Setiap Hari

Siska Permata Sari · Jumat, 04 Mei 2018 - 06:09 WIB
Deretan Camilan Sehat yang Bisa Dikonsumsi Setiap Hari

Cokelat hitam sangat baik untuk kesehatan. (Foto: Odyseey)

JAKARTA, iNews.id – Mengonsumsi makanan yang tepat bisa menjaga kesehatan Anda. Selain melindungi jantung, makanan sehat bisa menjaga gula darah tetap stabil, menurunkan berat badan, dan membantu Anda punya umur panjang.

Pakar nutrisi di Harvard T.H. Chan School of Public Health sekaligus profesor nutrisi di Simmons College di Boston, Teresa Fung mengatakan, pola makan dapat memberikan dampak besar terhadap banyak penyakit.

"Pola makan memiliki pengaruh yang besar pada kesehatan sepanjang siklus hidup Anda dari bayi hingga lansia," kata Fung, dikutip dari Today, Jumat (4/5/2018).

Menurutnya, pola makan yang sehat adalah makan-makanan yang lebih banyak serat, minum lebih sedikit soda, sedikit garam, dan gula. Tak cuma makanan yang diperhatikan, tetapi juga ragam camilan sehat yang bisa dikonsumsi setiap hari.

Daripada mengonsumsi makanan kemasan yang banyak pengawet dan kandungan tak menyehatkan, lebih baik makan-makanan yang direkomendasikan pakar nutrisi ini. Nah, deretan makanan ini bisa dijadikan camilan setiap hari, tentunya dengan jumlah yang tepat.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung tinggi serat dan protein yang dikemas dengan lemak sehat. Kacang juga merupakan camilan yang mudah dibawa dan tak memerlukan kotak pendinginan. Bahkan, menurut studi, orang yang secara teratur mengonsumsi kacang memiliki risiko 14 persen lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular.
Agar lebih sehat, pilihlah kacang yang tidak terlalu banyak dicampur sodium atau garam. Sebab, kacang yang terlalu banyak garam juga terkait dengan penyakit tekanan darah tinggi, jantung, dan stroke.

Yoghurt

Minuman fermentasi satu ini sangat bagus dikonsumsi setiap hari, asalkan dengan batas yang normal. Pilihlah yoghurt rendah lemak dan plain karena mengandung protein sehat tanpa lemak jenuh. Yoghurt ini juga mengandung probiotik yang mempromosikan bakteri baik dalam sistem pencernaan Anda.
Tetapi jangan berlebihan. Anda dapat menambahkan kacang atau berry potong dan mengonsumsinya satu cangkir sehari.

Cokelat Hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate sangat baik bagi kesehatan Anda karena mengandung banyak antioksidan. Jika ingin memaksimalkan manfaat dari cokelat hitam, carilah cokelat yang memiliki 70 persen konten kakao. Efek makan cokelat hitam sama dengan mengonsumsi kafein. Jadi, Anda bisa menyemil cokelat hitam di siang hari, jangan menjelang tidur.

Selamat mencoba!

Editor : Tuty Ocktaviany