Hepatitis A di Depok Capai Angka 262 Kasus, Ini Penyebabnya

Siska Permata Sari ยท Rabu, 04 Desember 2019 - 21:00 WIB
Hepatitis A di Depok Capai Angka 262 Kasus, Ini Penyebabnya

Dinkes Depok tetapkan penyebaran penyakit Hepatitis A sebagai kejadianluar biasa. (Foto: iNews.id).

JAKARTA, iNews.id - Penyebaran penyakit Hepatitis A di Kota Depok, Jawa Barat, telah ditetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB) oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok sejak 29 November lalu. Penderita penyakit Hepatitis A di Depok juga mengalami peningkatan sejak jumlah awal kasus ditemukan dari 72 hingga kini mencapai 262 kasus.

Hal tersebut diungkapkan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, dr Anung Sugihantono melalui data yang dihimpun oleh Kementerian Kesehatan.

"Kasus Hepatitis A ini terjadi di SMP 20 tetapi persoalannya tidak berhenti di situ. Sampai 3 Desember kemarin kejadian Hepatitis A sudah berjumlah 262 kasus. Jadi ini sebuah kejadian luar biasa seperti yang terjadi di Pacitan beberapa waktu lalu," tutur Anung di Gedung Kementerian Kesehatan RI, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (4/12/2019).

Anung mengatakan, penularan Hepatitis A di Depok pertama kali diidentifikasi pada 12 November dan kasus terakhir dilaporkan 21 November 2019.

Dia mengungkapkan, di antara total 262 kasus yang memiliki gejala dan tanda infeksi virus Hepatitis A, ada 171 orang yang menurut hasil pemeriksaan imunoglobulin M (IgM) dan imunoglobulin G (IgG) menunjukkan hasil positif Hepatitis.

Terkait penularannya, investigasi yang dilakukan Kementerian Kesehatan mengungkap, virus Hepatitis A di Depok tersebut berasal dari seorang pekerja di lingkungan SMPN 20 Depok yang menular ke siswa hingga tenaga pendidik. 

Anung juga mengatakan, bahwa virus sebenarnya tidak berasal dari kota Depok, melainkan kabupaten Bogor. "Dari kejadian yang ada di Depok, yakni 262 kasus, ada potensi penyebaran Hepatitis A ini, kalau masyarakat tidak melakukan sesuatu," imbuh Anung.

Dia mengimbau, masyarakat menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di kehidupan sehari-hari. Pasalnya, Hepatitis A adalah infeksi pada organ hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis A, yang menular melalui makanan dan minuman terkontaminasi virus.


Editor : Adhityo Fajar