Hindari Penyakit Autoimun, Lakukan Gaya Hidup Sehat dan Jangan Stres

Siska Permata Sari ยท Senin, 13 Januari 2020 - 18:11 WIB
Hindari Penyakit Autoimun, Lakukan Gaya Hidup Sehat dan Jangan Stres

Hindari stres agar terhindar dari berbagai macam penyakit. (Foto: Sacap)

JAKARTA, iNews.id - Permasalahan kesehatan saat ini semakin kompleks dengan penyakit kritis yang semakin berkembang. Secara global termasuk di Indonesia, World Health Organization (WHO) mengkategorikan permasalahan kesehatan hingga 68.000 jenis.

Tak hanya jenis permasalahan kesehatan yang ada, penyakit-penyakit tertentu juga mengalami pergeseran usia, di mana kaum muda dan produktif, tidak lepas dari risiko terkena penyakit serius atau kritis.

"Orang-orang berusia muda juga bisa mengalami penyakit kritis, baik itu penyakit menular dan penyakit tidak menular. Penyakit menular misalnya demam berdarah, tuberkulosis, kemudian PTM, ada jantung koroner yang usia pasiennya juga semakin muda. Jadi, semakin bergeser dari usia lanjut, sekarang semakin muda. Mulai dari jantung koroner, stroke, bahkan kanker," kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Rumah Sakit St Carolus dr Laurentius Aswin Pramono, SpPD saat acara peluncuran PRUTop Prudential Life Indonesia di Karet, Jakarta, Senin (13/1/2020).

Dia mengatakan, penyakit-penyakit tersebut salah satu faktor risikonya adalah gaya hidup yang buruk. Selain penyakit-penyakit tadi, yang tak kalah populer adalah autoimun, penyakit yang tengah tren saat ini, yang dapat dipicu oleh faktor gaya hidup.

"Autoimun itu juga penyakit gaya hidup. Misalnya, makan-masakan yang banyak pengawet, penyedap, pakai make-up yang terlalu banyak bahan kimianya, ini bisa memunculkan autoimun. Walaupun awalnya penyakit ini genetik, tapi genetik enggak akan muncul kalau enggak dipicu oleh faktor lingkungan," kata dia.

Tidak hanya gaya hidup yang buruk, tapi faktor stres juga mempengaruhi, bahkan erat kaitannya dengan penyakit autoimun. "Autoimun juga sangat erat kaitannya dengan stres," ujar dia.

Oleh sebab itu, dr Aswin menekankan betapa pentingnya menjaga gaya hidup yang sehat dan benar. Mulai dari menjaga pola makan sehat, olahraga rutin, mengelola stres, hingga melakukan medical check up secara teratur minimal satu tahun sekali.

Editor : Tuty Ocktaviany