Ini Alasan Gula, Garam dan Lemak Berbahaya bagi Tubuh

Siska Permata Sari ยท Senin, 13 Mei 2019 - 22:09 WIB
Ini Alasan Gula, Garam dan Lemak Berbahaya bagi Tubuh

Ada bahayanya jika konsumsi gula, garam dan lemak berlebihan. (Foto: NPR)

JAKARTA, iNews.id - Hidup tidak dapat lepas dari makanan dan minuman yang mengandung gula, garam dan lemak. Ketiganya memang tak hanya memberi rasa dalam masakan dan minuman kita, tetapi juga dibutuhkan tubuh, dengan jumlah yang cukup atau tidak kekurangan atau kelebihan.

Kandungan gula, garam dan lemak (GGL) memang menyerupai dua sisi mata uang. Di samping memberi rasa pada masakan dan minuman, GGL juta memberikan dampak buruk bagi tubuh apabila dikonsumsi dengan berlebihan.

Nutrisionis sekaligus Head of Nutrifood Research Center Astri Kurniati mengatakan, bahaya konsumsi gula yang berlebihan adalah kalori yang tinggi dan memicu beragam penyakit bahaya lainnya.

"Kalori tinggi (akibat kelebihan gula) memicu obesitas dan resistensi insulin, serta diabetes tipe dua," kata Astri di acara Buka Puasa Sehat bersama Nutrifood di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/5/2019).

Sementara itu, kelebihan garam dapat menyebabkan ginjal kewalahan dalam mengolah garam, sehingga menyebabkan natrium dalam darah tinggi dan tekanan darah tinggi. Selanjutnya, lemak berlebih dari makanan yang digoreng juga menyebabkan penyakit seperti obesitas, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung.

Sementara itu, kandungan GGL yang direkomendasikan Kementerian Kesehatan RI adalah empat sendok makan gula, satu sendok teh garam, dan lima sendok makan lemak per hari.


Editor : Tuty Ocktaviany