Jangan Anggap Sepele, Ini Pentingnya Anda Harus Sarapan

Siska Permata Sari ยท Senin, 15 April 2019 - 00:01 WIB
Jangan Anggap Sepele, Ini Pentingnya Anda Harus Sarapan

Sarapan baik untuk kesehatan. (Foto: Beauty in Fashions)

JAKARTA, iNews.id - Sarapan pagi adalah hal yang harus dibiasakan sedari kecil. Sarapan bukan cuma berfungsi mengisi energi sebelum pergi ke sekolah atau bekerja, tetapi juga dapat menjaga kesehatan secara keseluruhan hingga mendapatkan berat badan ideal.

Membiasakan sarapan, terutama karbohidrat dan protein, dapat mengoptimalkan fokus dan kinerja Anda di sekolah maupun tempat kerja. Selain itu, ada beberapa alasan yang tak kalah penting untuk selalu menyempatkan sarapan di pagi hari.

Apa saja? Yuk, simak informasinya seperti dirangkum iNews.id dari WebMD, Senin (15/4/2019).

Menjaga Berat Badan

Tahukah Anda bahwa sarapan pagi justru dapat menjaga berat badan Anda tetap normal? Hal ini karena saat sarapan, Anda juga menurunkan kadar 'lapar' dalam diri Anda di siang hari. Kondisi ini dapat mencegah Anda ngemil atau mengonsumsi camilan manis di siang dan sore hari.

Para peneliti di Cornell University beberapa tahun sebelumnya melaporkan, mereka yang selalu sarapan tidak makan berlebihan saat makan siang atau makan malam. Dalam studi ini, bahkan mereka menghemat rata-rata 408 kalori per hari.

Jantung yang Sehat

Ternyata, sarapan yang sehat juga berkontribusi baik pada kesehatan jantung. Sebuah studi menunjukkan hubungan antara sarapan dan kesehatan jantung.

Pada 2017, Journal of American College of Cardiology melaporkan bahwa orang yang melewatkan sarapan lebih cenderung mengalami aterosklerosis. Itu adalah sebuah kondisi di mana arteri Anda menyempit dan mengeras karena penumpukan plak. Bahayanya, ini dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Selain itu, orang-orang yang melewatkan sarapan juga lebih cenderung memiliki lingkar pinggang yang lebih besar, lebih berat, dan memiliki tekanan darah dan kadar kolesterol yang lebih tinggi.

Kadar Gula Darah yang Terkontrol

Salah satu fungsi sarapan kepada kesehatan adalah kadar gula darah yang terkontrol ketika Anda sarapan. Untuk orang dengan hasil tes glukosa normal, ini dapat membantu Anda menghindari resistensi insulin yang dapat menyebabkan diabetes. Plus, lonjakan gula darah akibat tidak sarapan juga dapat memengaruhi suasana hati, membuat Anda lebih gugup dan memiliki mood yang buruk.


Editor : Tuty Ocktaviany