Jangan Sedih, 4 Cara Ini Efektif Mengatasi Rasa Kesepian Anda

Siska Permata Sari ยท Kamis, 24 Januari 2019 - 00:01 WIB
Jangan Sedih, 4 Cara Ini Efektif Mengatasi Rasa Kesepian Anda

Alami kesepian. (Foto: The New Daily)

JAKARTA, iNews.id - Kesepian adalah suatu hal yang dilalui setiap manusia. Namun, kesepian jangka panjang ternyata memiliki dampak kesehatan serius. Menurut penelitian, kesepian berhubungan dengan peningkatan risiko kematian dini.

Sistem kekebalan tubuh mereka yang kesepian juga tampaknya bekerja secara berbeda. Kesepian juga meningkatkan stres yang berhubungan dengan peradangan.

Perasaan kesepian juga telah dikaitkan dengan banyak kondisi kesehatan yang kronis seperti depresi, penyakit jantung, dan penurunan kognitif.

"Kesendirian dapat berdampak negatif pada hampir semua aspek kehidupan Anda," kata psikolog klinis dan pendiri Behavioral Health and Wellness Center, LLC di Newton, seperti dikutip dari Prevention, Kamis (24/1/2019).

Dorong Diri Bersosialisasi

Satu cara ampuh untuk membunuh rasa sepi adalah bersosialisasi dengan orang lain. Cobalah membuat kegiatan yang Anda sukai dengan orang lain seperti membuat kelas memasak bersama teman, jadwalkan kelas latihan dengan rekan kerja, atau mengunjungi perpustakaan setempat atau pusat komunitas.

Berdamai dengan Kesendirian

Sendiri bukan berarti sepi. Sepi juga bukan berarti sendiri. Jika Anda merasakan kesepian ketika sedang sendiri, ada baiknya Anda berdamai dengan kesendirian itu.

Misalnya mengenali diri lebih dalam, mencari kegiatan-kegiatan yang Anda sukai ketika sendiri. Bisa bermeditasi, membaca buku, mendengarkan musik, atau sekadar berjalan-jalan ke tempat yang Anda sukai.

Terapis

Terkadang jadwal harian yang padat membuat Anda terlalu berfokus pada karier dan kesibukan di luar diri Anda. Sehingga Anda kehabisan waktu untuk diri sendiri untuk merasakan perasaan Anda. Untuk itu di sela-sela kesibukan ini, sempatkanlah untuk menemui terapis demi mengatasi rasa tidak nyaman.

Bicarakan Kesepian Itu

Pada titik tertentu, sebagian besar orang mengalami serangan kesepian. Anda mungkin pindah ke kota baru, memulai pekerjaan baru, atau mengalami putus cinta, dan merasa terisolasi lantaran hal-hal tersebut. Salah satu solusinya adalah berbicara tentang kesepian Anda dan mengakui perasaan tersebut agar dapat membantu Anda terhubung dengan orang lain.


Editor : Tuty Ocktaviany