Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Tembus 1.046, Ini 4 Cara Hilangkan Gangguan Kecemasan

Siska Permata Sari ยท Sabtu, 28 Maret 2020 - 03:58 WIB
Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Tembus 1.046, Ini 4 Cara Hilangkan Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan bisa terjadi di tengah wabah virus corona. (Foto: Ilustrasi AFP)

JAKARTA, iNews.id - Penyebaran virus corona baru (Covid-19) masih terus berlangsung di Indonesia. Angka kasus positif terus bertambah setiap hari selama tiga pekan terakhir, begitu pula dengan pasien yang meninggal dunia.

Data terbaru per Jumat (27/3/2020), jumlah pasien yang positif corona mencapai 1.046 orang. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, kasus pasien positif virus korona bertambah 153 orang.

Kabar bertambahnya kasus positif virus korona tersebut tentunya membuat sebagian masyarakat panik. Dalam kasus lebih lanjut bahkan, seseorang bisa mengalami gangguan kecemasan.

Di tengah pandemi virus corona, hal ini memang wajar. Tetapi jika dibiarkan, gangguan kecemasan juga dapat memengaruhi kondisi fisik Anda. Sebab gejalanya meliputi kesulitan untuk tidur, mudah marah, pusing dan lelah, jantung berdebar, nyeri otot, keringat berlebihan, bahkan hingga sesak napas.

Oleh sebab itu, perlu ada upaya untuk mengelola stres dan rasa cemas sehingga tidak menyebabkan gejala lebih lanjut. Berikut cara menghilangkan kecemasan seperti dirangkum dari situs Unicef, Sabtu (28/3/2020).

1. Ketahuilah bahwa kecemasan Anda normal

Di tengah-tengah pandemi seperti ini, siapa yang tidak cemas? Tenang, Anda tidak sendiri. Kecemasan memang normal karena itu bisa membuat kita lebih bijak menghadapi masalah. “Kecemasan adalah fungsi normal dan sehat yang mengingatkan kita akan ancaman dan membantu kita mengambil tindakan untuk melindungi diri kita sendiri,” kata psikolog remaja di New York Dr Lisa Damour.

Tindakan akibat kecemasan yang wajar itulah, membuat kita dapat melakukan upaya pencegahan agar terhindar dari virus corona.

2. Lakukan sesuatu yang menyenangkan di rumah

Terpaku sendirian melihat berita-berita buruk bukanlah hal yang bagus untuk mental Anda saat ini. Cobalah melakukan hal-hal yang menyenangkan meskipun Anda di rumah. Misalnya membaca novel, menulis sebuah cerita, mendengarkan musik favorit, atau menonton film dan series.

3. Tetap terhubung dengan teman Anda

Social distancing atau pembatasan sosial bukan menjadi halangan Anda tetap terhubung dengan orang-orang terdekat. Teman, sahabat, kekasih, dan keluarga. Tetaplah saling terhubung dengan mereka, mungkin melalui media sosial, whatsApp grup, bahkan seru-seruan di Tik Tok.

4. Mencoba hal baru

Jika Anda bosan selalu berada di rumah, melaksanakan tugas-tugas dari rumah, cobalah sejenak mencari dan mencoba hal baru. Banyak hal-hal baru yang menyenangkan dan dapat mengatasi rasa bosan Anda. Misalnya, mencoba melukis, belajar memasak, main alat musik, dan masih banyak lagi.

Editor : Tuty Ocktaviany