Kenali 5 Masalah yang Sering Dialami saat Puasa, Sakit Kepala hingga Konstipasi

Siska Permata Sari ยท Senin, 13 Mei 2019 - 20:40 WIB
Kenali 5 Masalah yang Sering Dialami saat Puasa, Sakit Kepala hingga Konstipasi

Sakit kepala sering dialami saat puasa Ramadan. (Foto: Everydaypower)

JAKARTA, iNews.id - Berpuasa di bulan Ramadan sejatinya menjadi ibadah rutin yang dilakukan umat Muslim di dunia. Tentunya, siapa pun tidak ingin ibadahnya terganggu dengan masalah-masalah kesehatan yang dijumpai ketika berpuasa di bulan Ramadan.

Nutrisionis sekaligus Head of Nutrifood Research Centre Astri Kurniati mengatakan, ada masalah-masalah atau gangguan kesehatan ketika berpuasa. Hal ini karena tidak terpenuhinya gizi makro dan mikro, atau mengonsumsi makanan serta minuman yang berlebihan.

"Biasanya masalah yang umum itu kekurangan nutrisi," kata Astri di acara Buka Puasa Sehat bersama Nutrifood di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/5/2019).

Berikut masalah-masalah kesehatan yang umum dialami saat puasa:

1. Kekurangan Nutrisi

Kekurangan nutrisi disebabkan oleh kekurangan gizi ketika berpuasa. Umumnya, hal ini terjadi lantaran makan saat sahur dan berbuka yang tidak memenuhi kebutuhan gizi mikro dan makro. Kondisi ini ditandai dengan lemas, kurang produktif, dan sistem imun menurun.

2. Dehidrasi

Kita semua sudah tahu bahwa dehidrasi adalah suatu kondisi di mana tubuh kekurangan cairan dan tidak mendapatkan hidrasi yang cukup. Kondisi ini sering terjadi ketika Anda kurang minum saat sahur dan berbuka. Cobalah tetap minum minimal delapan gelas sehari yang dibagi saat buka dan sahur. Jika tidak sempat, konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung kadar air tinggi.

3. Sakit Kepala

Sakit kepala saat puasa dapat terjadi ketika Anda kekurangan cairan dan kekurangan nutrisi dalam tubuh. Sakit kepala ini juga dapat terjadi di awal-awal puasa karena saat itulah tubuh melakukan adaptasi.

4. Heartburn

Hal yang bahaya terjadi saat puasa adalah heartburn atau sebuah kondisi di mana asam lambung naik karena pola makan yang salah. Misalnya ketika sehabis makan pedas atau langsung tidur sesaat setelah makan sahur.

5. Konstipasi

Konstipasi atau sembelit dapat disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit. Contohnya meliputi kekurangan cairan, diet kurang serat, dan kurangnya aktivitas fisik. Sebaiknya untuk menghindari kondisi ini, disarankan mengonsumsi banyak serat saat sahur dan buka puasa.


Editor : Tuty Ocktaviany