Kenali Penyakit Kulit yang Sering Menyerang saat Banjir Tiba

Siska Permata Sari ยท Kamis, 16 Mei 2019 - 08:19 WIB
Kenali Penyakit Kulit yang Sering Menyerang saat Banjir Tiba

Ragam penyakit yang sering menyerang masyarakat ketika banjir. (Foto: Freepik).

JAKARTA, iNews.id - Beberapa daerah di Indonesia, termasuk sejumlah lokasi di ibukota Jakarta rawan tergenang banjir ketika hujan lebat tiba. Saat banjir mengenai suatu wilayah, masyarakatnya kemungkinan terkena beragam penyakit, termasuk penyakit kulit.

"Musibah banjir biasanya diikuti oleh timbulnya berbagai macam penyakit, termasuk penyakit kulit," kata dr Litya Ayu Kanya Anindya, SpKK, FINS-DV seperti dikutip dari siaran pers Vaseline Healing Project, Rabu (15/5/2019).

Ragam jenis penyakit kulit, kata dr Litya Ayu, harus segera diobati agar tidak menyebabkan infeksi yang lebih parah.

"Gangguan kulit yang tidak mendapatkan penanganan yang tepat akan menjadi lebih sulit disembuhkan dan berpotensi mengganggu kualitas hidup secara keseluruhan," jelas dia.

Berikut ragam penyakit yang sering menyerang masyarakat ketika banjir:

Infeksi Bakteri

Saat terjadi banjir, air kotor dan sampah dari lingkungan sekitar dapat menyebabkan berbagai penyakit kulit. Salah satunya adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri.

Infeksi Jamur

Infeksi jamur merupakan penyakit yang disebabkan oleh jamur. Hal ini karena disebabkan oleh organisme yang biasanya menyebabkan maserasi kulit di sela-sela jari kaki.

Dermatitis

Dermatitis adalah suatu kondisi di mana terjadi peradangan pada kulit yang menyebabkan ruam dan gatal. Ini bisa juga disebabkan oleh jamur yang berkembang saat banjir.


Editor : Adhityo Fajar