Khasiat Biji Kedaung untuk Mengatasi Nyeri Menstruasi

Siska Permata Sari ยท Sabtu, 27 April 2019 - 05:30 WIB
Khasiat Biji Kedaung untuk Mengatasi Nyeri Menstruasi

Biji kedaung. (Foto: Istimewa)

DENPASAR, iNews.id – Di Indonesia, ramuan tradisional masih cukup diminati untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan umum seperti nyeri menstruasi yang banyak dialami oleh kaum hawa. Anda juga bisa membuat sendiri obat herbal untuk mengatasi masalah ini.

Biji kedaung bisa menjadi bahan jamu-jamuan herbal untuk mengatasi nyeri menstruasi tersebut. Kedaung sendiri memang dikenal sebagai tumbuhan obat penting dalam industri jamu, terutama bijinya.

Khasiatnya yang paling terlihat adalah sebagai anti-bakteria, dan digunakan dalam pengobatan tradisional untuk infeksi dan gangguan perut.

Selain biji kedaung, bahan ramuan tradisional untuk nyeri menstruasi adalah rimpang temulawak tiga iris, biji kedaung 8 butir, daun sembung, tiga gelas air, asam jawa dan gula aren secukupnya sesuai selera.

Kemudian cara pembuatannya pertama dengan mendidihkan air dan biji kedaung yang telah dihancurkan. Selanjutnya, masukkan rimpang temulawak, asam jawa, sembung, dan rebus selama sekitar 10 menit.

Terakhir, masukkan gula aren sesuai dengan selera dan angkat air rebusan itu. Ramuan tradisional ini bisa diminum dalam keadaan hangat 2 kali sehari selama nyeri haid.

Selain mengatasi nyeri haid, biji kedaung juga memiliki manfaat kesehatan lain seperti obat demam, radang usus, memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan mengatasi masalah-masalah sistem pencernaan.


Editor : Ahmad Islamy Jamil