Konsumsi Obat Tak Jadi Jaminan Atasi Hipertensi, Ini Dia Solusinya

Siska Permata Sari ยท Selasa, 07 Agustus 2018 - 19:55 WIB
Konsumsi Obat Tak Jadi Jaminan Atasi Hipertensi, Ini Dia Solusinya

Biasakan rutin cek kesehatan. (Foto: Today Show)

JAKARTA, iNews.id - Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi di mana tekanan darah mencapai 140/90 mmHg atau lebih. Kondisi ini, terkait dengan penyakit-penyakit tak menular berbahaya seperti stroke hingga jantung koroner.

Menurut survei May Measurement Month oleh Indonesian Society of Hypertension (InaSH) dan PT Omron Healthcare yang mengukur tekanan darah untuk 70.000 orang di 34 provinsi di Indonesia, satu dari tiga orang dewasa dengan rerata usia 41 tahun mengalami peningkatan tekanan darah.

"Kemudian, satu dari enam orang sudah mengonsumsi obat penurun tekanan darah," kata Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Dr. Bambang Widyantoro sekaligus Ketua Panitia May Measurement Month tahun 2017 dan 2018 saat konferensi pers di Fairmont Hotel Jakarta, Senayan, Jakarta, Selasa (7/8/2018).

Namun, meskipun obat penurun tekanan darah menjadi pilihan sebagian besar orang, ternyata mengonsumsi obat bukankah satu-satunya solusi untuk mengontrol tekanan darah.

"Patut diketahui bahwa yang mengonsumsi obat belum tentu tekanan darah terkontrol," kata dr. Bambang Widyantoro. Obat, sambung dia, tidak pernah cukup untuk mengontrol tekanan darah.

"Jadi bagaimana? Satu, modifikasi pola hidup. Kemudian, stop merokok. Jangan lupa pola makan sehat, atasi stres atau memanajemen stres, dan olahraga teratur atau rutin melakukan aktivitas fisik," katanya.

Pola makan sehat yang perlu diperhatikan para penderita hipertensi adalah mengurangi konsumsi garam, mengurangi makanan berlemak atau digoreng, dan perbanyak makan serat seperti sayuran dan buah-buahan.

Selain itu, tak kalah penting adalah mengecek tekanan darah secara berkala. "Jadi bagi mereka yang sudah terdiagnosis hipertensi, maka minimal melakukan pengecekan tekanan darah satu bulan sekali," ucapnya.


Editor : Tuty Ocktaviany