Kulit Pisang Bisa Turunkan Berat Badan Lebih Cepat? Begini Kata Nutrisionis

Siska Permata Sari ยท Sabtu, 30 November 2019 - 05:01 WIB
Kulit Pisang Bisa Turunkan Berat Badan Lebih Cepat? Begini Kata Nutrisionis

Ilustrasi kulit pisang. (Foto: pixabay.com)

JAKARTA, iNews.id – Kita semua tahu, ada banyak manfaat kesehatan yang didapat dari mengonsumsi buah pisang. Apalagi dengan kandungan potassium yang kaya di dalamnya. Namun ternyata, tidak hanya daging buah pisang yang bermanfaat bagi kesehatan, kulitnya pun juga, lho!

Nutrisionis asal Australia, Susie Burrell mengatakan, memakan kulit pisang dapat meningkatkan kualitas tidur, membuat kulit Anda lebih sehat, dan bahkan membantu menurunkan berat badan.

“Secara khusus, Anda akan meningkatkan kandungan serat Anda secara keseluruhan paling sedikit sepuluh persen karena banyak serat makanan dapat ditemukan di kulit pisang,” kata Burrell seperti dikutip New York Post, Jumat (29/11/2019).

“Anda juga akan mendapatkan hampir 20 persen lebih banyak vitamin B6 dan hampir 20 persen lebih banyak vitamin C dan Anda akan meningkatkan asupan kalium dan magnesium Anda,” tuturnya.

Agar mengonsumsi kulit pisang yang aman dan lezat, Burrell menyarankan untuk membuatnya sebagai smoothies atau campuran pada makanan Anda. “Memadukan kulit pisang menjadi resep atau smoothie adalah cara paling praktis untuk mengonsumsinya,” ujarnya.

Dia menjelaskan, jenis pisang tertentu juga memiliki kandungan tambahan yang bermanfaat bagi kesehatan. Misalnya, pisang dengan kulit yang kuning cerah, memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dan terkait dengan antikanker.

Sementara, kulit pisang yang berwarna hijau atau kurang matang, mengandung kaya akan asam amino triptofan yang dikaitkan dengan kualitas tidur yang baik. “Karena kulit yang hijaun ini jauh lebih keras, itu pasti paling baik dikonsumsi setelah direbus untuk melembutkan kulit.”


Editor : Ahmad Islamy Jamil