Lagi Menstruasi? Olahraga Bisa Melawan Nyeri dan Kurangi Mood Buruk

Okezone ยท Minggu, 12 Mei 2019 - 12:41 WIB
Lagi Menstruasi? Olahraga Bisa Melawan Nyeri dan Kurangi Mood Buruk

Tetap olahraga selama menstruasi. (Foto: Runtastic)

JAKARTA, iNews.id – Tidak sedikit perempuan yang malas melakukan aktivitas ketika menstruasi tiba, termasuk berolahraga. Padahal, aktivitas olahraga yang dilakukan selama datang bulan bisa mendatangkan manfaat. Apa saja?

Dilansir dari Times Of India, berikutnya ini manfaat olahraga selama menstruasi dan bermanfaat bagi perempuan.

1. Membantu Mengurangi Mood yang Buruk

Olahraga sebenarnya dapat membantu meringankan gejala yang dialami akibat menstruasi. Semakin aktif dan teratur melakukannya, semakin baik menstruasi Anda.

Berolahraga seperti yang kita ketahui juga melepaskan hormon peningkat suasana hati, endorfin, yang membantu melepaskan pikiran Anda dari rasa sakit dan ketidaknyamanan. Sebuah studi baru-baru ini juga mengklaim bahwa semakin tinggi tingkat kebugaran fisik, semakin sedikit rasa sakitnya.

2. Menstruasi Waktu yang Tepat untuk Olahraga

Ketika olahraga saat menstruasi, kadar estrogen dan progesteron Anda berkurang. Pergeseran hormon ini membuat energi lebih mudah diakses oleh tubuh, memungkinkan Anda bergerak lebih aktif. Dengan demikian, menjadikannya waktu yang tepat untuk berlatih olahraga dibandingkan dengan hari-hari lainnya.

3. Membantu Melawan Nyeri Haid

Nyeri haid yang menyakitkan adalah masalah umum di kalangan perempuan. Dan orang yang menderita itu, tahu betul betapa sulitnya melewati waktu saat mengalami sakit menstruasi. Tetapi kabar baiknya adalah bahwa latihan ringan seperti berjalan dan yoga dapat membantu mengurangi rasa sakit.

4. Tidak Harus Olahraga Berat

Jangan memaksakan diri dengan olahraga yang berat. Jika Anda tidak dapat melakukan latihan yang intens, Anda bisa berjalan-jalan dengan santai atau melakukan beberapa gerakan ringan lainnya. Beberapa gerakan ringan membantu mengurangi nyeri saat menstruasi. Tetapi jika Anda merasa sangat sakit, lekas istirahat dan olahraga bisa dilakukan ketika sudah tidak nyeri atau lemas. Demikian dikutip dari Okezone.com.


Editor : Tuty Ocktaviany