Mau Penuhi Kebutuhan Nutrisi dalam Tubuh? Konsumsi Suplemen yang Baik

Okezone ยท Selasa, 16 April 2019 - 16:15 WIB
Mau Penuhi Kebutuhan Nutrisi dalam Tubuh? Konsumsi Suplemen yang Baik

Pilih-pilih suplemen yang baik untuk dikonsumsi. (Foto: Legion Athletics)

JAKARTA, iNews.id – Selain olahraga, banyak orang menjaga kesehatan dengan makan teratur. Namun hal itu masih belum cukup dan tetap mengonsumsi suplemen.

Tubuh manusia memang didesain untuk menyerap zat gizi dari makanan yang dikonsumsi setiap hari. Namun semakin berat aktivitas yang dilakukan seseorang, maka kebutuhan nutrisi dalam tubuh menjadi kurang. Alhasil, makanan yang diasup tidak mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Menurut dokter nutrisi, Dr. dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, tubuh manusia memiliki kemampuan menyerap segala macam zat gizi yang masuk dalam tubuh. Karena itu, suplemen sangat diperlukan bagi tubuh untuk memenuhi nutrisi yang kurang dalam tubuh seseorang.

"Setiap suplemen bisa mengandung satu zat gizi atau mengandung zat-zat lainnya. Saat ini, kehadiran suplemen dalam kehidupan manusia sudah semakin berkembang dan menjadi nilai fungsional. Setiap suplemen memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda-beda, sehingga Anda harus tahu suplemen apa yang dibutuhkan oleh tubuh," tutur Dr. Rita dalam acara Muscle First, Jakarta, Senin 15 April 2019. 

Dr. Rita mengajarkan masyarakat dalam memilih suplemen yang baik dan aman untuk dikonsumsi. Dia menyarankan para konsumen untuk memperhatikan label yang telah ditetapkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk memastikan kualitas dan identitas produk tersebut dengan benar.

"Harus pilih produk yang telah berlogo BPOM. Dengan adanya label tersebut, Anda bisa mengetahui identitas produk tersebut. Selain itu, masyarakat bisa melihat segala macam komposisi dan kandungan yang terkandung pada produk itu," ucapnya.

Tidak sedikit orang berpendapat dengan mengonsumsi suplemen, maka seseorang bisa lebih sehat dan potensi memiliki bentuk tubuh yang proporsional. Melakukan fitnes di pusat kebugaran sambil mengonsumsi suplemen, dianggap sebagai salah satu hal yang paling manjur agar bisa memiliki badan ideal.

"Ketika seseorang menimbang berat badan, maka berat badan manusia terdiri dari tulang, otot, lemak, dan air. Jika seseorang ingin kurus, jumlah lemak dalam tubuhnya yang harus dipangkas. Seseorang harus sehat terlebih dahulu sebelum bugar dan menjalankan aktivitas fitness untuk menjaga kondisi tubuhnya," ucapnya, dikutip dari Okezone.com.


Editor : Tuty Ocktaviany