Mau Turunkan Berat Badan dengan Cepat Usai Lebaran? Ini yang Harus Dilakukan

Siska Permata Sari ยท Selasa, 11 Juni 2019 - 13:53 WIB
Mau Turunkan Berat Badan dengan Cepat Usai Lebaran? Ini yang Harus Dilakukan

Olahraga baik untuk menurunkan berat badan. (Foto: Someecards)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Terutama bagi Anda yang merasa berat badannya naik usai libur panjang Hari Raya Idul Fitri beberapa waktu lalu.

Kita tahu makanan-makanan berlemak, bersantan dan memiliki kandungan karbohidrat tinggi seperti ketupat, opor ayam, rendang, sambal goreng ati dan kerupuk telah masuk dalam jumlah banyak selama libur Lebaran kemarin. Belum lagi kue-kue manis seperti nastar, kastengel, dan cokelat.

Tapi, jangan khawatir. Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat setelah libur yang panjang ini. Apa saja? Mari simak tiga langkah sederhana ini, seperti dilansir oleh Healthline, Selasa (11/6/2019).

Kurangi Gula dan Karbohidrat

Hal yang paling penting untuk mulai menurunkan berat badan adalah mengurangi asupan gula dan karbohidrat. Ketika Anda melakukan ini, Anda akan mengurangi kadar lapar dan menjadi makan lebih sedikit kalori.

Manfaat lain dari mengurangi karbohidrat adalah menurunkan kadar insulin yang menyebabkan ginjal melepas kelebihan sodium dan air dari tubuh Anda. Tentunya, ini dapat mengurangi kembung dan berat air yang tidak perlu. Bahkan dengan cara ini, Anda bisa mengurangi hampir lima kilogram.

Makan Lebih Banyak Protein dan Sayuran

Setiap makanan Anda harus mencakup sumber protein, sumber lemak, dan sayuran rendah karbohidrat. Namun untuk menurunkan berat badan, Anda disarankan untuk menambah asupan protein seperti daging, ikan, dan telur. Pasalnya, mengonsumsi banyak kandungan protein dapat meningkatkan metabolisme hingga 80-100 kalori per hari.

Diet tinggi protein juga dapat mengurangi hasrat dan pikiran obsesif tentang makanan hingga 60 persen, mengurangi keinginan untuk ngemil di tengah malam hingga setengahnya, dan membuat Anda lebih kenyang sepanjang hari.

Sementara itu untuk sayuran, Anda bisa mencoba sayuran rendah karbohidrat seperti brokoli, kol bunga, bayam, kubis, selada, timun, dan sebagainya. Setelah itu, gantilah asupan lemak Anda ke sumber lemak yang baik seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak alpukat, dan mentega.

Olahraga

Memang Anda tidak perlu berolahraga untuk menurunkan berat badan, tetapi Anda disarankan untuk melakukannya. Pilihan terbaiknya adalah pergi ke gym tiga hingga empat kali seminggu dan melakukan pemanasan, kemudian angkat beban. Sebab, angkat beban akan membakar banyak kalori dan mencegah metabolisme melambat, yang merupakan efek samping umum dari penurunan berat badan.

Namun jika mengangkat beban bukan merupakan pilihan bagi Anda, maka melakukan beberapa latihan kardio seperti berjalan, jogging, berlari, bersepeda, atau berenang pun sudah cukup.

Selamat mencoba!


Editor : Tuty Ocktaviany