Menkes Sebut Indonesia dan India Punya Super Immunity Melawan Varian Baru, Ini Alasannya

Siska Permata Sari ยท Kamis, 24 Maret 2022 - 06:30:00 WIB
Menkes Sebut Indonesia dan India Punya Super Immunity Melawan Varian Baru, Ini Alasannya
Menkes Budi Gunadi mengatakan Indonesia punya super immunity. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap bahwa adanya kenaikan kasus Covid-19 di beberapa negara di dunia seperti wilayah Eropa dan Tiongkok. Hal ini dikarenakan adanya  varian baru Covid-19 yaitu BA.2 atau 'son of Omicron’. Namun khusus di Indonesia dan India varian baru itu belum berhasill masuk karena masyarakatnya punya antibodi tinggi atau super immunity

“Kita lihat bahwa di Inggris, Jerman, Prancis, New Zealand itu ada kenaikan (kasus Covid-19). Dan kenaikan ini memang disebabkan oleh varian baru,” kata Menkes Budi Gunadi dalam konferensi pers virtual, Rabu (23/3/2022).

Dia mengatakan, adanya varian baru yaitu BA.2 ini mendominasi kasus Covid-19 di berbagai negara tersebut. “Kita lihat juga di Asia, negara-negara seperti Korea Selatan, Jepang, Singapura, termasuk China dan Hong Kong itu naiknya gara-gara varian ini,” ujarnya.

Namun, di tengah kenaikan kasus di sejumlah negara, Menkes Budi mengungkap perbedaan Indonesia dan India dengan negara lainnya. Dia mengatakan, meski kini juga didominasi varian son of Omicron, tetapi itu tidak ditandai oleh kenaikan kasus.

“Dominannya varian BA.2 ini tidak terlihat dalam bentuk lonjakan kasus. Kita sendiri masih terus meneliti, tapi salah satu dugaannya bahwa Indonesia dan India berbeda dengan negara-negara Asia lainnya adalah karena vaksinasi kita mulainya relatif lambat,” kata dia.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda