Moms, Ini Pentingnya Makanan Bergizi bagi Tumbuh Kembang Anak

Siska Permata Sari ยท Selasa, 28 November 2017 - 15:34 WIB
Moms, Ini Pentingnya Makanan Bergizi bagi Tumbuh Kembang Anak

Asupan makanan untuk anak harus bergizi dan sehat. (Foto: The Conversation)

JAKARTA, iNews.id - Agar tumbuh kembang anak optimal, diperlukan asupan nutrisi yang sehat, misalnya kabohidrat, protein, dan gula yang seimbang. Namun, agak sulit memberikan asupan makanan sehat dan bergizi bagi si anak di usia sekolah.

Pasalnya, anak usia sekolah cenderung sibuk dengan dunianya, seperti tugas sekolah, pekerjaan rumah, hingga les. Hal ini tak jarang membuat asupan makanan pada anak tak terpantau.

Padahal, makanan bergizi dan kaya nutrisi, dapat meningkatkan fokus, menjaga imunitas tubuh, dan mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Namun, apakah anak-anak kita telah terpenuhi gizi dan nutrisinya?

Kenyataannya, sebagian besar anak meninggalkan sarapan dan memilih jajanan di luar sekolah yang kandungannya belum tentu sehat.

"Jangan heran anak sekolah lebih agresif, fokusnya berkurang, ketahanan fisiknya kurang, itu karena kekurangan nutrisi," papar Psikolog Anak dan Keluarga Roslina Verauli, ditemui iNews.id di acara Minute Maid Nutriforce, di Jakarta Selatan, Selasa (28/11/2017).

Menurut Vera, makanan yang bergizi dengan kandungan kaya nutrisi, seperti protein, vitamin, dan mineral dapat memberikan dampak positif pada anak di usia sekolah.

"Ada tiga faktor yang mesti diperhatikan pada anak di usia sekolah, yaitu tingkat fokus, aktivitas fisik, dan ketahanan tubuhnya. Karena tiga hal itulah, erat kaitannya dengan performa anak di sekolah," tambahnya.

Sementara itu, Janson Ongko selaku nutrisionis mengatakan, selain gizi seimbang, anak juga memerlukan zat gizi mikro, seperti zat besi, vitamin B, dan vitamin C.

"Zat gizi mikro dibutuhkan anak di usia sekolah, karena dapat meningkatkan fokus ketika belajar dan menguatkan ketahanan tubuhnya," ungkap Jansen dalam kesempatan yang sama.

Jika asupan makanan tak terpenuhi gizi dan nutrisinya, dapat berdampak buruk bagi tumbuh kembang sang anak. Apalagi, anak di usia sekolah memiliki tuntutan yang banyak. Misalnya saja, imun tubuh menurun, motorik anak kurang berkembang, kurang gizi, hingga anemia atau kekurangan darah. So moms, perhatikan makanan si kecil ya.


Editor : Tuty Ocktaviany