Musim Hujan, Ini Makanan yang Sukses Tangkal Penyakit Flu

Siska Permata Sari ยท Jumat, 25 Januari 2019 - 11:56 WIB
Musim Hujan, Ini Makanan yang Sukses Tangkal Penyakit Flu

Ikan kaya protein dan vitamin D. (Foto: Mydiet/Bigstock)

JAKARTA, iNews.id - Musim hujan tengah melanda sejumlah kota di Indonesia. Udara dingin, rintik hujan, dan angin kencang, cenderung membuat mereka yang sistem kekebalannya sedang turun mudah terkena penyakit, terutama flu.

Namun jangan khawatir, ada cara-cara mudah untuk mencegah penyakit flu dan mengurangi gejalanya bila Anda sudah terkena. Caranya dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu, yang ternyata mampu menangkal penyakit flu.

Apa saja jenis makanan yang dapat menangkal penyakit flu dan nikmat dikonsumsi saat hujan? Yuk simak informasinya, seperti dirangkum iNews.id dari Women's Health, Jumat (25/1/2019).

Sup Ayam

Tak hanya lezat, sup ayam juga bermanfaat untuk menangkal flu dan masuk angin di musim hujan. Di dalam sup ayam, terkandung sayur-sayuran seperti wortel, kentang, dan potongan-potongan ayam yang dapat melawan virus dan mengurangi peradangan.

Jahe

Di cuaca yang dingin, minuman jahe sangat nikmat bila dihidangkan saat hujan atau ketika Anda mengalami penyakit flu. Sebab, jahe mengandung bahan kimia yang disebut sesquiterpenes dan secara khusus menargetkan rhinovirus, famili virus flu yang paling umum, serta zat yang dapat menekan batuk. Jahe juga mengandung zat anti-inflamasi yang dapat melawan infeksi.

Jamur

Tumis jamur mungkin bisa masuk dalam menu pilihan Anda di pekan yang mendung ini. Hal ini karena jamur sendiri memang memiliki manfaat untuk melawan penyakit seperti flu. Jamur juga memang telah lama menjadi pokok dalam pengobatan di China. Sebab, jamur mengandung vitamin D yang kaya, dan mampu menghasilkan sitokin atau protein yang membantu melawan infeksi.

Daging Ikan

Bahan-bahan masakan dari daging ikan bisa masuk dalam daftar Anda. Sebab sama halnya dengan jamur, ikan mengandung kaya vitamin D dan protein. Kandungan ini membantu mempertahankan kadar darah yang optimal ketika tubuh Anda tidak mengubah banyak vitamin dari sinar matahari.

Bonusnya lagi adalah vitamin D dapat membantu melawan kanker tertentu, memperkuat tulang, dan membantu menurunkan berat badan. Cocok untuk Anda yang sedang program penurunan berat badan.


Editor : Tuty Ocktaviany