Paparan Polusi Merusak Kulit, Ini Cara Penanganannya

Siska Permata Sari ยท Selasa, 23 Juli 2019 - 12:32 WIB
Paparan Polusi Merusak Kulit, Ini Cara Penanganannya

Radikal bebas dari polusi bisa merusak kulit. (Foto: Freepik).

JAKARTA, iNews.id - Paparan polusi udara menyebabkan beragam masalah kesehatan. Selain masalah kesehatan pada sistem pernapasan, polusi ternyata dapat merusak kulit Anda karena paparan radikal bebas yang tinggi dan berpotensi menyebabkan penuaan dini.

Dermatolog Inggris, Dr Anjali Mahto mengatakan, polusi dapat merusak lapisan luar kulit yang pada gilirannya menyebabkan kulit kekeringan dan mengalami kemerahan, iritasi dan memperburuk penyakit kulit yang meradang seperti eksim, psoriasis dan jerawat.

"Ini karena radikal bebas yang dapat merusak DNA dalam sel kulit," kata Dr Anjali Mahto seperti dikutip dari Telegraph, Selasa (23/7/2019).

Bahkan, radikal bebas pada polusi disebut-sebut dapat 'melubangi' kolagen pada kulit Anda yang menyebabkan hilangnya elastisitas dan menyebabkan penuaan dini.

Lalu, bagaimana mengatasinya? Berikut langkah-langkah terbaik untuk menangkal pengaruh polusi pada kulit Anda!

Membersihkan Wajah Anda

Pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan kulit Anda dari paparan make-up, debu, dan polutan yang menempel di kulit selama seharian beraktivitas. Oleh sebab itu, disarankan setibanya di rumah langsung membersihkan wajah Anda dengan metode double cleansing, bahkan triple cleansing.

Eksfoliasi Teratur

Eksfoliasi sangat penting untuk mengangkat sel-sel kulit mati, sekaligus mengangkat polutan polutan yang membandel di kulit.

Antioksidan

Pilihlah rangkaian perawatan kulit yang mengandung antioksidan. Sebab, kita semua tahu bahwa antioksidan adalah agen anti radikal bebas yang terkenal. Jenis-jenis antioksidan yang biasanya ada pada skincare adalah vitamin A, C dan E.

Menggunakan Niacinamide

Niacinimide atau vitmain B3 yang ditemukan dalam produk-produk seperti perawatan adalah penghambat polusi yang diperlukan pada kulit karena bekerja untuk meminimalkan sekaligus membersihkan pori-pori. Plus, kandungan ini juga dapat mencerahkan kulit.

Gunakan SPF

SPF tidak dapat tidak digunakan karena polusi dapat meningkatkan erosi lapisan ozon, oleh karena itu UVA yang menyebabkan penuaan dan UVB yang membuat kulit terbakar, menjadi semakin ganas sehingga menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada kulit. Oleh sebab itu cobalah sunscreen wajah berbasis mineral yang tidak akan mengganggu pelindung kulit agar terlindung dari polusi dan matahari.


Editor : Adhityo Fajar