Pentingnya Imunisasi untuk Lindungi Anak Selama dan Setelah Covid-19

Siska Permata Sari ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 13:33 WIB
Pentingnya Imunisasi untuk Lindungi Anak Selama dan Setelah Covid-19

Lakukan imunisasi sebagai proteksi dari Covid-19. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Imunisasi menjadi hal yang tak kalah penting di tengah pandemi virus corona baru (Covid-19). Selain melaksanakan protokol kesehatan, tetap menjalani imunisasi tepat waktu merupakan proteksi selama dan setelah adanya pandemi Covid-19.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang Anak Prof DR dr Soedjatmiko, SpA (K), Msi, mengatakan, imunisasi lengkap dan teratur merupakan proteksi paling efisien dan efektif.

“Selama dan sesudah pandemi Covid-19, ayo lihat lagi catatan imunisasi, lengkapi imunisasi sesuai jadwal Kemenkes dan IDAI,” kata dr Soedjatmiko Webinar Parenting dalam rangka Hari Keluarga Nasional 2020, Minggu (28/6/2020).

Dia menjelaskan, imunisasi penting untuk menghindari penyakit-penyakit lain yang dapat menyerang anak-anak. “Banyak penyakit lain yang bisa mengakibatkan anak sakit berat, cacat, bahkan kematian,” ujarnya.

Penyakit-penyakit itu di antaranya pneumonia, diare, difteri, campak, rubella, influenza, cacar air, dengue, dan lain-lain.

“Contohnya saja sakit campak itu di Indonesia bisa menyebabkan anak mengalami radang paru, radang otak, diare, dan infeksi telinga,” ucapnya.

Oleh sebab itu, dr Soedjatmiko menyarankan imunisasi tetap dijalankan di rumah sakit (RS), Puskesmas, Posyandu, asalkan dengan menjalankan protokol kesehatan. Seperti pakai masker, cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta jaga jarak.

“Imunisasi yang belum lengkap atau tertunda, nantinya wabah akan lain yang akan mengancam bayi, anak-anak kita, dengan penyakit berat, cacat, dan kematian,” ucapnya.

Editor : Tuty Ocktaviany