Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif, Menjaga Keseimbangan Mikrobiota Saluran Cerna Anak

Rizqa Leony Putri ยท Kamis, 27 Agustus 2020 - 19:05 WIB
Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif, Menjaga Keseimbangan Mikrobiota Saluran Cerna Anak

Pentingnya ASI eksklusif untuk kesehatan bayi. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Mikrobiota memiliki peran yang penting dalam tubuh manusia, khususnya pada bayi yang baru lahir. Jumlah mikrobiota yang seimbang dapat menjaga fungsi pencernaan anak, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mikrobiota merupakan kumpulan seluruh mikroba, mulai dari bakteri, virus, hingga jamur yang hidup dalam usus manusia. Namun, pengaruh yang sangat penting terhadap kesehatan tubuh diberikan oleh bakteri, baik bakteri jahat maupun baik.

Dokter Anak Konsultan Gastroenterologi Prof. dr. Moh Juffrie, SpA(K), PhD (Gastro) menjelaskan, di dalam tubuh manusia terdapat mikrobiota yang dapat mendukung fungsi tubuh. Meski begitu, terdapat mikrobiota yang menguntungkan, seperti bakteri baik dan terdapat pula yang merugikan, seperti bakteri jahat.

"Dalam tubuh manusia, terdapat mikrobiota atau bakteri yang mendukung fungsi normal tubuh. Fungsi mikrobiota itu bisa menguntungkan dan merugikan. Mikrobiota bisa memacu sistem kekebalan dan memproduksi antibodi di saluran cerna," tutur dr. Juffrie dalam seminar digital pada Kamis (27/8/2020).

Menurutnya, mikrobiota saluran cerna telah didapat bayi sejak lahir hingga berkembang sampai usia tiga tahun. Pada usia tesebut, anak akan memiliki mikrobiota sejumlah orang dewasa.

Mikrobiota, lanjut dr. Juffrie, juga dapat diperoleh dari makanan yang dikonsumsi oleh sang bayi. Kandungan mikrobiota paling baik tersebut berasal dari pemberian air susu ibu (ASI) yang diberikan secara eksklusif.

"Paling bagus dengan ASI karena proteinnya paling baik, mengandung probiotik dan prebiotik yang diberikan secara bersama-sama," ujar dr. Juffrie.

"ASI punya kandungan lebih dari 200 spesies mikroorganisme yang dikenal sebagai probiotik dan human milk oligosaccharides atau disebut prebiotik," katanya.

dr. Juffrie menambahkan, kombinasi antara kandungan mikroorganisme tersebut dapat meningkatkan sistem imun bayi hingga dua tahun pertama. Tak hanya itu, pemberian ASI secara eksklusif dapat berujung pada menurunnya risiko alergi pada bayi.

"Kombinasi keduanya bisa membantu mempercepat kolonisasi dan jumlah bakteri baik pada bayi. Ini akan meningkatkan sistem imun bayi selama dua tahun pertama, serta menurunkan risiko alergi," kata dia.

Editor : Tuty Ocktaviany