Ramuan Tradisional Ini Bisa Atasi Migrain

Siska Permata Sari ยท Jumat, 26 April 2019 - 13:01 WIB
Ramuan Tradisional Ini Bisa Atasi Migrain

Sakit migrain bisa disembuhkan dengan cara tradisional. (Foto: Family Doctor)

DENPASAR, iNews.id – Cara tradisional masih banyak diminati di Indonesia sebagai langkah pertama ketika mengalami masalah kesehatan umum. Misalnya migrain, sebuah kondisi sakit kepala yang berdenyut di satu wilayah tertentu yang intensitasnya bervariasi.

Jika Anda pernah atau cukup sering mengalami migrain, ada beberapa cara pengobatan tradisional yang dapat dilakukan secara mandiri. Di antaranya ramuan tradisional dan akupresur.

Ramuan tradisional dan metode akupresur ini merupakan bagian pelayanan kesehatan tradisional di Provinsi Bali. Bahkan, pelayanan kesehatan tradisional juga menjadi bagian dari program 'Health Tourism' yang sedang digodok oleh pemerintah daerah setempat.

"(Kesehatan tradisional) ini tidak bersifat klenik atau empiris. Yang kita sentuh adalah sisi sehat, bagaimana menjaga yang sehat agar tetap sehat dan tambah bugar," kata Kepala UPTD Kestrad Dinas Kesehatan Provinsi Bali Iga Putri Mahadewi, M Kes, kawasan Kintamani, Bangli, Bali, Jumat (26/4/2019).

Bahan ramuannya sendiri untuk migrain di antaranya bawang putih satu siung, pegagan, dan air. Caranya dengan menghancurkan bawang putih, kemudian direbus dalam air mendidih selama 10-15 menit dengan api kecil. Ramuan tradisional ini bisa diminum tiga kali sehari dengan masing-masing sepertiga gelas.


Editor : Tuty Ocktaviany