Rayakan Milad 30 Tahun, LPPOM MUI Komitmen Tingkatkan Pelayanan

Siska Permata Sari ยท Rabu, 16 Januari 2019 - 13:34 WIB
Rayakan Milad 30 Tahun, LPPOM MUI Komitmen Tingkatkan Pelayanan

LPPOM MUI komitmen tingkatkan pelayanan. (Foto: iNews.id/Felldy A Utama)

JAKARTA, iNews.id - Hari ini Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) merayakan hari ulang tahunnya ke-30. Acara syukuran digelar di Balai Kartini, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019).

Telah melayani masyarakat Indonesia terkait jaminan halal atas produk pangan, obat-obatan dan kosmetika selama 30 tahun, Majelis Ulama Indonesia (MUI) berkomitmen meningkatkan pelayanan.

Direktur LPPOM MUI, Dr. Ir. Lukmanul Hakim, M.Si, sebagai tuan rumah memaparkan, sejak pertama kali berdiri pada 6 Januari 1989, LPPOM MUI terus berusaha meningkatkan pelayanan di berbagai lini.

Kinerja LPPOM MUI semakin terlihat nyata ketika berhasil meraih sertifikat ISO 17065 terkait lembaga sertifikasi produk dan jasa dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Ini membuktikan bahwa LPPOM MUI telah menjalankan tugas dan fungsinya dalam proses sertifikasi halal sesuai standar internasional. Oleh sebab itu, produk yang disertifikasi LPPOM MUI juga meraih pasar yang tinggi di pasar global.

"Produk yang telah disertifikasi halal oleh LPPOM MUI diharapkan akan lebih mudah masuk ke negara-negara Timur Tengah dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI), yang selama ini menerapkan standar sertifikasi ISO," tutur Lukmanul di acara perayaan ulang tahun LPPOM MUI ke-30 tahun, Balai Kartini, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019).

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin mengatakan, jaminan kehalalan produk sangat penting di Indonesia, di mana penduduk mayoritasnya adalah kaum Muslim.

Menurut Lukman, ada beberapa hal yang harus dilakukan dan diupayakan tentang pelayanan jaminan produk halal oleh MUI, LPPOM MUI, stakeholder, dan pemerintahan terkait.

"Transparansi penyelenggaraan, prosedur sertifikasi yang sistematis dan standar halal yang diakui baik nasional dan internasional, serta komunikasi yang baik dengan semua pihak, akan menjadikan kewajiban halal di Indonesia memiliki nilai tambah bagi terciptanya daya saing," ucapnya.

Tepat di perayaan hari ulang tahun ke-30 ini, LPPOM MUI bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan meluncurkan sejumlah layanan yang memudahkan masyarakat.

Di antaranya Layanan Sertifikasi Halal Online (CEROL-SS23000) versi 3.0, Aplikasi HalalMUI versi 3.0, QR Code Halal Resto versi 2.0, Online Payment LPPOM MUI Provinsi untuk UMKM dan Buku Seri HAS 23000.


Editor : Tuty Ocktaviany