Suara Orang Terdekat Percepat Kesembuhan Pasien Covid-19, Ini Kata Psikolog

Tuty Ocktaviany ยท Selasa, 20 Oktober 2020 - 20:26:00 WIB
Suara Orang Terdekat Percepat Kesembuhan Pasien Covid-19, Ini Kata Psikolog
Suara orang terdekat bisa percepat kesembuhan pasien Covid-19. (Foto: BNPB)

JAKARTA, iNews.id - Dukungan keluarga terdekat atau kerabat sangat berpengaruh bagi kesembuhan pasien Covid-19. Apa buktinya?

Psikolog Edward Andriyanto Sutardhio mengatakan, dukungan orang terdekat, saudara, dan kerabat bisa membangkitkan hormon positif bagi pasien Covid-19. Dalam talkshow "Perjuangan Penyintas Melawan Covid-19" di Media Center Satgas Penanganan Covid-19 Graha BNPB Jakarta pada Senin (19/10) siang, dosen di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia itu mengungkapkan dari penelitian terbaru, ternyata suara bisa bangkitkan hormon positif. Padahal, penelitian yang lama itu dengan sentuhan mampu membangkitkan hormon positif.

"Suara bisa bangkitkan hormon positif. Tapi bukan asal suara. Melainkan suara dari orang yang dikasihi. Ketika diperdengarkan suara kerabatnya itu pasien merasa menjadi lebih baik," ujar Edward Andriyanto Sutardhio.

Edward menyatakan, pihaknya banyak melakukan pendampingan psikologis pada pasien Covid-19 agar bisa mengeluarkan pikiran negatif atau kekhawatiran dengan ketidak-nyamanan. Dia menyebut pendampingan itu dengan istilah psikologi sosial, yakni membantu mereka mengutarakan tujuan jangka pendek dan positif.

"Jadi mereka berfikir bagaimana saya berhasil, bisa duduk, bisa berdiri, lepas dari inkubasi. Jadi goal-goal (tujuan) jangka pendek bisa dilakukan sehingga pikiran tetap positif," kata Edward.


Editor : Tuty Ocktaviany