Susah Ajak Anak Makan Sehat? Ini Tips dari Psikolog

Siska Permata Sari ยท Jumat, 28 Agustus 2020 - 19:31 WIB
Susah Ajak Anak Makan Sehat? Ini Tips dari Psikolog

Anak konsumsi makanan sehat. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Nutrisi merupakan salah satu kunci penting untuk pertumbuhan anak yang optimal. Makanan-makanan yang dikonsumsi anak itu berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya. Tak hanya fisik, tetapi juga perkembangan otak yang menentukan kecerdasan.

Sayangnya, membuat anak mau mengonsumsi makanan sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, kadangkala tak semudah itu. Para orangtua, tak jarang kesulitan untuk memberikan anak makanan bergizi lengkap karena sang buah hatinya tak menyukai makanan itu.

Terkait dengan hal ini, Psikolog Anak Anna Sutri Ariani, SPsi, MSi mengatakan, salah satu cara untuk mengajak anak mau mengonsumsi makanan-makanan sehat dengan stimulasi. Salah satunya, menyanyikan lagu.

“Kegiatan menyenangkan bisa menjadi stimulasi yang efektif bagi si kecil, misalnya saja seperti menyanyi dan menari. Apalagi, kalau itu diiringi dengan senyuman dan tertawa dan didampingi juga oleh orangtua,” kata Anna Sutri Ariani dalam peluncuran virtual lagu ‘Isi Piringku’, Jumat (28/8/2020).

Sebab, kata dia, ada beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa lagu dapat digunakan menjadi media belajar untuk anak-anak.

“Ternyata, ada penelitian bahwa benar lagu bisa digunakan untuk menstimulasi anak. Menurut penelitian, lagu dapat menanamkan karakter positif pada anak-anak, bisa untuk menanamkan sifat baik pada orang lain, maupun membentuk perilaku makan sehat,” katannya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengajak anak makan sehat melalui lagu. Mulai dari waktu yang tepat, pengulangan lagu, mengajak buah hati ikut menghapal dan menyanyikan lagu tentang makan sehat, mengajak anak mengamati keseharian dalam lagu itu, hingga menyanyikan lagu itu bersama orang lain, seperti dengan saudara, teman, atau orangtua.

“Misalnya, lagu yang bertema tentang makan sehat, itu bisa diperkenalkan saat anak makan. Cobalah sering-sering mengulang lagu itu dan menekankan kata-kata yang menjadi pesan penting dari lagu itu,” tuturnya.

Selain stimulasi, orangtua juga perlu untuk mempunyai strategi tertentu agar anak tertarik mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan.

Ahli Gizi Dr Ir Sri Anna Marliyati, MSi, mengatakan, pentingnya orangtua kreatif dalam membuat kreasi menu masakan sehat setiap harinya.

"Jangan lupa agar para orangtua bisa membuat variasi menu agar anak tertarik untuk makan makanan yang sehat,” ujarnya.

Dalam memberikan nutrisi pada anak, penting juga bagi para orangtua untuk mengikuti pedoman ‘Isi Piringku’ demi tumbuh kembang anak yang optimal.

“Terapkan pilar pertama dari gizi seimbang, yaitu mengonsumsi pangan yang aneka ragam. Kemudian ikuti pedoman Isi Piringku yaitu setiap makan ada sumber karbohidrat, protein dari lauk-pauk, serta sumber vitamin dan mineral yang berasal dari buah dan sayur,” katanya.

Editor : Tuty Ocktaviany