Tanda-Tanda Tubuh Anda Alami Dehidrasi Selama Puasa

Siska Permata Sari ยท Selasa, 29 Mei 2018 - 13:59:00 WIB
Tanda-Tanda Tubuh Anda Alami Dehidrasi Selama Puasa
Tubuh mengalami kelelahan tanda Anda dehidrasi. (Foto: Diabetes)

JAKARTA, iNews.id - Selama bulan Ramadan, umat Muslim di dunia diwajibkan menahan haus dan lapar selama kurang lebih 14 jam. Artinya, selama itu tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan maupun cairan.

Hal ini tak jarang membuat tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Apalagi bila Anda kurang minum air putih ketika sahur dan berbuka. Kondisi akan diperparah ketika Anda melakukan aktivitas fisik atau olahraga berlebihan saat puasa.

Bagaimana gejala tubuh ketika Anda mengalami dehidrasi? Berikut ragam gejala dan komplikasinya, seperti dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Selasa (29/5/2018).

Haus Ekstrem

Saat tubuh Anda kehilangan banyak cairan, yang dirasakan adalah rasa haus berlebihan. Bukan rasa haus biasa, tetapi terasa ekstrem di tenggorokan Anda.

Air Kencing Gelap

Selain merasakan kehausan ekstrem, hal yang bisa dilihat adalah warna air kencing Anda yang lebih gelap daripada biasanya. Tanda lain tubuh kekurangan cairan adalah Anda jarang berkemih.

Kelelahan dan Pusing

Ketika tubuh kekurangan cairan dan Anda mesti melakukan aktivitas lainnya, Anda akan merasakan kelelahan. Rasa lelah ini cenderung membuat Anda merasa limbung dan pusing.

Komplikasi

Dehidrasi tak bisa dianggap sepele, sebab kondisi ini dapat diperparah dengan komplikasi-komplikasi lainnya. Mulai dari gangguan saluran kemih dan ginjal, kontraksi otot, kehilangan kesadaran, dan syok hipovolemik atau kondisi saat kadar bagian cair dari darah (plasma) terlalu rendah.

Bagaimana Mengatasinya?

Selama puasa, Anda juga perlu menjaga asupan cairan Anda agar tidak mengalami dehidrasi dan mengganggu ibadah puasa, serta aktivitas harian Anda. Cara mengakalinya agar dapat minum cukup delapan gelas per hari adalah mencoba rumus 3-2-3 atau minum tiga gelas air saat sahur, dua gelas ketika berbuka, dan tiga gelas lagi sebelum tidur.

Tak cuma minum air putih, Anda juga disarankan makan sayur dan buah, yang memiliki kadar air tinggi. Untuk melakukan aktivitas fisik, Anda juga disarankan agar melakukan olahraga sebelum atau setelah berbuka.

Editor : Tuty Ocktaviany

Bagikan Artikel: