Tanpa Diet, Ini 4 Tips Sederhana Turunkan Berat Badan

Siska Permata Sari ยท Rabu, 23 Januari 2019 - 00:30 WIB
Tanpa Diet, Ini 4 Tips Sederhana Turunkan Berat Badan

Tidur nyenyak. (Foto: Longevitylive)

JAKARTA, iNews.id - Menurunkan berat badan tak sekadar mencapai proporsi tubuh ideal, tetapi juga demi alasan kesehatan. Misalnya mencegah obesitas, diabetes, dan memperbaiki pola hidup yang selama ini mungkin merugikan kesehatan secara keseluruhan.

Banyak pola-pola diet yang menawarkan cara menurunkan berat badan secara instan. Namun, sebenarnya yang dibutuhkan untuk mencapai berat badan yang diinginkan adalah konsisten.

Hal yang dimaksud adalah konsisten dalam menjalani pola diet seimbang hingga berat badan yang diinginkan bisa tercapai. Nah, apa saja tips sederhana menurunkan berat badan tanpa diet-diet tertentu? 

Simak informasinya, seperti dirangkum iNews.id dari Healthline, Rabu (23/1/2019).

1. Pilih Makanan Anda

Makanan yang Anda konsumsi sangat berpengaruh untuk penurunan berat badan. Bila ingin menurunkan berat badan, Anda bisa mulai sarapan dengan makanan tinggi protein. Sebab, makanan yang mengandung protein telah terbukti mengurangi rasa lapar dan keinginan mengonsumsi camilan di sore hari.

Selain itu, pilihlah makanan-makanan yang mendukung program penurunan berat badan Anda. Misalnya telur, sayuran hijau, ikan salmon, daging sapi tanpa lemak, dada ayam, dan kentang rebus. Anda juga disarankan mengonsumsi cukup serat yang dapat larut. Sebab menurut studi, serat larut dapat mengurangi lemak, terutama di daerah perut.

2. Do & Dont's

Ketika Anda ingin menurunkan berat badan, hindarilah minuman-minuman manis termasuk jus buah. Sebab, hal itulah yang dapat menggemukkan tubuh Anda. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan teh atau kopi, karena kafein di dalamnya dapat meningkatkan metabolisme Anda sebesar 3–11 persen.

3. Terapkan Teknik Makan Ini

Tanpa diet bukan berarti tanpa teknik. Sebab, menurunkan berat badan juga butuh trik saat ingin mengonsumsi makanan. Misalnya, minum air putih setengah jam sebelum makan. Hal ini karena minum air putih setengah jam sebelum makan dapat meningkatkan penurunan berat badan sebesar 44 persen selama tiga bulan.

Selain itu, makanlah makanan Anda perlahan-lahan. Mengonsumsi makanan dengan teknik seperti ini membuat Anda merasa lebih kenyang dan meningkatkan hormon penurun berat badan.

4. Tidur Nyenyak Sepanjang Hari

Kualitas tidur yang buruk adalah salah satu faktor risiko terkuat untuk kenaikan berat badan. Oleh sebab itu, menjaga kualitas tidur Anda agar tetap berada dalam batas yang baik, yakni tidur tujuh hingga delapan jam per malam sangat penting untuk program penurunan berat badan.


Editor : Tuty Ocktaviany