Tidur Telanjang Tak Sekadar Mengurangi Stres, Ini Manfaat Lainnya

Okezone ยท Senin, 10 Juni 2019 - 00:02 WIB
Tidur Telanjang Tak Sekadar Mengurangi Stres, Ini Manfaat Lainnya

Tidur harus berkualitas. (Foto: Simplemost)

JAKARTA, iNews.id – Tidak banyak yang mengetahui bahwa tidur tanpa busana atau telanjang mempunyai banyak manfaatnya. Apakah itu?

Ya, salah satu cara menjaga kesehatan adalah mendapatkan tidur yang cukup. Para ahli menyarankan waktu yang dibutuhkan untuk tidur malam paling tidak delapan jam. Namun bukan sekadar waktu yang cukup, tidur juga harus berkualitas baik.

Penelitian terbaru dari University of Rochester menemukan saat tidur otak mengeluarkan protein beracun dari neuron. Protein beracun tersebut merupakan produk sampingan dari aktivitas saraf saat tubuh terbangun. Otak dapat menghilangkan protein beracun itu hanya jika seseorang memiliki kualitas tidur baik dan waktunya cukup.

Jika kualitas tidur tidak baik, maka protein beracun tetap berada di sel-sel otak. Kondisi ini dapat mendatangkan masalah pada otak. Pada akhirnya bisa mengganggu kemampuan untuk berpikir.

Di sisi lain, para peneliti di University of Amsterdam menemukan menurunkan suhu kulit dapat meningkatkan kedalaman tidur dan mengurangi risiko terbangun di malam hari. Temuan ini bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas tidur, sehingga protein beracun di otak bisa dihilangkan. Caranya adalah tidur tanpa busana atau telanjang.

Mengutip keterangan foto yang diunggah oleh akun Instagram @fitnessforall, tidur telanjang memiliki beberapa manfaat. Pertama adalah mengurangi stres.

Stres berkepanjangan dapat menekan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko penyakit jantung, depresi, serta obesitas. Selain itu, stres dapat menurunkan kinerja kognitif.

Stres juga mengeluarkan hormon kortisol, sehingga jumlahnya berkurang. Istirahat yang cukup dan berkualitas dapat membantu mengembalikan kadar kortisol normal. Kondisi itu dapat mengurangi tingkat stres seseorang.

Kedua, tidur telanjang dapat membuat tubuh lebih sehat, termasuk membantu menurunkan berat badan. Sebuah studi yang dilakukan oleh Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat menemukan, menjaga diri tetap dingin saat tidur mempercepat metabolisme tubuh. Hal ini dikarenakan tubuh menciptakan lebih banyak lemak coklat untuk membuatnya tetap hangat.

Lemak coklat menghasilkan panas yang membakar kalori lebih banyak. Cara kerja ini meningkatkan metabolisme sepanjang hari untuk membantu tubuh menurunkan berat badan. Selain efek metabolisme, melepas pakaian dapat meningkatkan sirkulasi darah yang baik untuk jantung dan otot.

Selain itu, tidur tanpa busana juga disebut dapat membuat seseorang tidur lebih cepat, kulit lebih sehat, meningkatkan kesehatan organ intim, menambah percaya diri, hingga meningkatkan kesuburan pria. Demikian dikutip dari Okezone, Senin (10/6/2019).


Editor : Tuty Ocktaviany