Tingkatkan Imunitas Tubuh Tidak Hanya Konsumsi Vitamin, Ini Cara Lain Bisa Dicoba

Okezone ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 20:30 WIB
Tingkatkan Imunitas Tubuh Tidak Hanya Konsumsi Vitamin, Ini Cara Lain Bisa Dicoba

Tidur yang cukup bisa tingkatkan imunitas. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Penjualan produk vitamin C meningkat drastis sejak pandemi Covid-19. Masyarakat berbondong-bondong membeli suplemen dan berbagai vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Namun, banyak yang tidak menyadari bahwa meningkatkan imunitas tubuh tidak segampang minum vitamin. Sebelum Anda memborong suplemen dan vitamin, penting untuk memahami bahwa sistem kekebalan adalah jaringan kompleks, antibodi, sel, bahan kimia dan organ yang memainkan peran penting dalam menangkal patogen dan melawan segala jenis infeksi yang mengancam tubuh.

Anda bisa menganggap kekebalan tubuh Anda adalah pasukan yang siap melawan penyakit. Tetapi itu tidak bisa didapatkan secara instan.

Anda perlu menjaga dan menjalankan imunitas tubuh untuk melawan patogen atau virus yang datang menghadang. Melansir Times of India, berikut tiga cara untuk meningkatkan imunitas tubuh selain dari konsumsi vitamin.

1. Perbaiki siklus tidur

Pastikan Anda tidur di waktu yang sama setiap harinya. Tidur nyenyak dalam waktu enam hingga tujuh jam membuat Anda bangun dengan perasaan segar di pagi hari.

Jika siklus tidur Anda kacau, cobalah untuk selalu konsisten melatih tidur di jam yang sama termasuk akhir pekan. Mendapatkan cahaya matahari pagi selama 30 menit setiap hari, juga bagus untuk memperbaiki ritme sirkadian Anda.

2. Temukan cara untuk mengurangi stres

Ketika Anda stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol. Kortisol merupakan hormon yang berperan dalam mengatur kekebalan tubuh, mengkonversi protein menjadi glukosa, dan memelihara tekanan darah.

Peningkatan jumlah stres menyebabkan peningkatan aktivitas inflamasi yang tidak baik untuk kesehatan Anda. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh Anda lemah dan kemampuannya untuk melawan patogen berkurang.

Ketika Anda stres karena sibuknya pekerjaan, coba urutkan berdasarkan prioritas. Jangan melakukan semuanya sekaligus.

Alternatif lainnya adalah selalu menempatkan pikiran Anda pada saat ini. Bukan menyesali masa lalu atau mencemaskan masa depan.

3. Pilih olahraga yang dibutuhkan tubuh

Olahraga yang rutin dan seimbang baik untuk kesehatan tubuh. Jika Anda merasa berenergi, luangkanlah waktu untuk berolahraga lebih lama. Namun jika Anda sudah merasa lelah, segeralah beristirahat.

Jika misalnya Anda sudah seminggu tidak berolahraga, jangan berolahraga dengan durasi lama untuk membayar utang itu. Olahraga 30 menit yang dilakukan setiap hari hari lebih baik daripada enam jam sehari tapi hanya dilakukan setiap minggu. Demikian dikutip dari Okezone, Kamis (25/6/2020).

Editor : Tuty Ocktaviany