Vaksin, 3M dan Hidup Sehat: Jurus Menyelesaikan Pandemi Covid-19

Siska Permata Sari, Rizqa Leony Putri ยท Rabu, 02 Desember 2020 - 22:12:00 WIB
Vaksin, 3M dan Hidup Sehat: Jurus Menyelesaikan Pandemi Covid-19
Vaksin, 3M dan hidup sehat bisa atasi pandemi Covid-19. (Foto: BNPB)

Individu perlu menyadari bahwa kesehatan mereka adalah aset terpenting dan menyadari kesehatan adalah investasi jangka panjang. Menjawab keraguan sebagian kecil masyarakat mengenai vaksin, dr. Subuh menjelaskan, “Selama ini 1.620 relawan yang melakukan uji klinik vaksin Covid-19 fase III di Bandung tidak menemui kendala yang berarti, artinya baik-baik saja. Kemudian pemerintah juga akan mendatangkan vaksin dari luar negeri yang sudah selesai melakukan uji klinik fase III. Yang juga penting digarisbawahi adalah pemerintah sudah melakukan simulasi, sebagai bentuk uji coba untuk menimbulkan kepercayaan. Di Bogor, Presiden terlibat langsung dalam simulasi, di Kerawang Wakil Presiden, ini artinya pemerintah sangat serius mempersiapkan, sehingga nanti ketika vaksin datang kita sudah siap melakukan vaksinasi.”

Meski nantinya vaksin dari luar negeri akan tiba, program vaksinasi ini perlu proses terlebih dahulu, terutama mendapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Negara memiliki kewenang tersendiri dan otorisasi mandiri untuk memberikan izin peredaran suatu obat, tapi tentu mengedepankan azas kehati-hatian mempertimbangkan keamanan, efektivitas, dan kehalalannya,” kata dr. Subuh.

“Pada saat ini pemulihan kesehatan dan ekonomi bisa dilakukan dengan menjaga budaya 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak), karena tanpa upaya seperti ini maka pemulihan ekonomi Indonesia sangat sulit. Bagi masyarakat tidak perlu ragu, saat vaksin datang, pasti sudah dijamin proses memastikan keamanan dan efektivitasnya,” kata dr. Subuh. (CM)

Editor : Tuty Ocktaviany