Waspada, 5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Turunkan Imunitas Tubuh dan Picu Infeksi

Okezone ยท Selasa, 31 Maret 2020 - 19:00 WIB
Waspada, 5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Turunkan Imunitas Tubuh dan Picu Infeksi

Makanan bergula harus dikurangi. (Foto: Ilustrasi Twitter)

JAKARTA, iNews.id – Wabah virus corona baru (Covid-19) meluas di banyak negara dan menimbulkan dampak yang besar. Untuk itu, para ahli menganjurkan masyarakat untuk meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari Covid-19.

Menurut penelitian, imunitas dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi sejumlah makanan dan minuman yang mengandung nutrisi tertentu. Misalnya, makanan yang kaya akan vitamin C.

Nutrisi dipercaya dapat membangun sistem imunitas tubuh dengan baik. Selain itu, makanan dengan kandungan omega-3 tinggi, juga dapat membantu tubuh dalam melawan berbagai virus dan bakteri penyakit.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa menurunkan imunitas atau daya tahan tubuh. Apa saja makanan yang dimaksud?

Dilansir dari Piedmont, penelitian telah membuktikan lonjakan asupan gula nyatanya bisa menekan sistem kekebalan tubuh seseorang. Alhasil, tubuh Anda akan lebih mudah terserang penyakit.

Kondisi ini terjadi bila Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman tinggi gula, serta karbohidrat olahan. Hal tersebut dijelaskan secara gamblang oleh seorang dokter spesialis penyakit dalam, Samer Blackmon, MS, dari Piedmont.

Blackmon menyarankan agar tidak mengonsumsi lima jenis makanan dan minuman di bawah ini secara berlebihan, seperti soda, makanan yang diproses, makanan dan minuman tinggi gula, karbohidrat olahan, serta minuman beralkohol.

"Penelitian telah membuktikan kelima makanan tersebut dapat menurunkan imunitas, bahkan memicu terjadinya infeksi," kata Blackmon.

Meski bukan dari kelompok makanan, tembakau (rokok dan rokok elektrik), kata Blackmon juga dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh.

Sebagai gantinya, dia menganjurkan agar masyarakat mengonsumsi makanan lengkap yang kaya akan sayuran dan buah berwarna-warni. Makanan tersebut diklaim dapat memberi vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk melawan penyakit.

"Makanan ini membantu tubuh Anda mengatur dan menstabilkan fungsi-fungsi organ secara maksimal. Penelitian sudah membuktikan makanan tinggi vitamin C membantu menangkal infeksi,” kata Blackmond.

"Selain itu, bila nantinya Anda memutuskan membeli junk food, sadarilah bahwa Anda tidak hanya memengaruhi berat badan Anda, tetapi Anda mungkin akan menurunkan daya tahan tubuh terhadap bakteri, virus, dan parasit," katanya, dikutip dari Okezone, Selasa (31/3/2020).

Editor : Tuty Ocktaviany