Waspada, Stres Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental Anda

Siska Permata Sari ยท Kamis, 18 April 2019 - 17:42 WIB
Waspada, Stres Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental Anda

Stres bisa berdampak pada kesehatan mental Anda. (Foto: The F Thing)

JAKARTA, iNews.id - Semua orang di dunia ini pasti pernah mengalami stres karena berbagai persoalan yang dihadapi dalam hidup. Walaupun hal itu bisa dianggap wajar, namun stres berdurasi panjang tak bisa disepelekan.

Menurut Hans Selye, bapak teori stres menjelaskan, stres didefinisikan sebagai respons tubuh terhadap setiap permintaan untuk perubahan yang tidak menyenangkan dalam hidup. Stres dapat berdampak pada kesehatan mental.

Bagaimana stres dapat berdampak pada kesehatan mental? Mari simak informasinya seperti dilansir dari Letter F The F Thing, Kamis (18/4/2019).

Menurut Dhruti Patel-Davis dari University of Maryland, tubuh kita merespons stres emosional dengan cara yang sama dengan stres non-emosional, yang berarti bahwa aktivitas fisik dapat membuat Anda tertekan.

Oleh karena itu, setiap kali kita melakukan kegiatan berat, wajib untuk menjaga tekanan darah dan suhu tubuh Anda karena stres dan penyakit saling terkait. Apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh kita ketika stres?

Ketika sedang berada di bawah banyak tekanan, akan terjadi sejumlah perubahan psikologis, seperti emosi, suasana hati, dan perilaku. Namun, hal-hal penting yang mengalami perubahan adalah sistem di dalam kita.

Ketika Anda merasa stres, sistem saraf serta pernapasan, sistem kardiovaskular, sistem muskuloskeletal (sistem di dalam otot kita), hormon stres, sistem pencernaan, dan sistem reproduksi semua dapat berdampak buruk pada diri Anda dan menyebabkan berbagai penyakit.

Pikiran yang menguras Anda akan memaksa sistem untuk bekerja terlalu keras dan berakhir dengan dampak yang buruk pada kesehatan secara keseluruhan. Oleh sebab itu, pentingnya mengatasi atau mengelola stres untuk menghindari dampak-dampak buruk pada kesehatan mental, serta fisik Anda.


Editor : Tuty Ocktaviany