Waspada, Tubuh Gemuk Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes hingga Stroke

Siska Permata Sari ยท Kamis, 14 November 2019 - 23:28 WIB
Waspada, Tubuh Gemuk Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes hingga Stroke

Kegemukan bisa membahayakan kesehatan Anda. (Foto: Diabetes.co.uk)

JAKARTA, iNews.id - Tak ada yang salah dari memiliki tubuh yang berisi atau gemuk, selama masih menjalani pola hidup sehat dan memperhatikan kondisi kesehatan. Namun jika berat badan sudah masuk dalam kategori berlebihan bahkan obesitas, Anda juga harus waspada.

Pasalnya, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kelebihan berat badan sangat terkait dengan sejumlah penyakit tak menular (PTM) seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, hingga stroke.

Hal tersebut diungkapkan American Diabetes Association yang  mengungkap bahwa kondisi berat badan berlebihan juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tidak sehat, dan glukosa darah tinggi. Apalagi jika Anda memiliki kelebihan lemak di bagian perut.

"Studi menunjukkan bahwa lemak perut menyebabkan sel-sel lemak melepaskan bahan kimia yang dapat membuat tubuh kurang sensitif terhadap insulin yang dihasilkannya dengan mengganggu fungsi sel-sel responsif insulin dan kemampuan mereka untuk merespons insulin. Dan, ini dikenal sebagai resistensi insulin," demikian seperti dilansir dari Diabetes UK, Kamis (14/11/2019).

Kabar baiknya, mengurangi berat badan dapat mengurangi sejumlah risiko PTM tersebut, termasuk diabetes tipe 2. Menurut National Health Service (NHS), pengurangan lima persen berat badan diikuti dengan olahraga intensitas sedang secara teratur, dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 50 persen.

Berikut beberapa cara terbaik untuk mengurangi atau mempertahankan berat badan ideal.

1. Mengurangi kalori dan lemak dalam asupan harian Anda.
2. Tetap aktif secara fisik setiap hari dengan beraktivitas fisik atau olahraga.
3. Mengonsumsi sarapan setiap hari.
4. Cek berat badan Anda setidaknya satu kali seminggu.
5. Menonton televisi kurang dari 10 jam per minggu.


Editor : Tuty Ocktaviany